7 Tips Membeli Motor Yamaha RX King Bekas

7 Tips Membeli Motor Yamaha RX King ini merupakan hasil rangkuman dari berbagai sumber di internet dan juga saran serta komentar para pedagang motor seken.

Sehingga dengan adanya artikel ini, bisa menjadi dukungan keterangan yang anda tanya dari saudara, bengkel, atau sumber lain yang dirasa lebih paham dengan mesin.

7 Tips Membeli Motor Yamaha RX King Bekas

Meski dinyatakan sebagai referensi yang sederhana, akan tetapi tips ini cukup memberikan masukan sebelum anda membeli motor idaman tersebut. Sehingga secara tidak langsung, akan dihindarkan dengan kerugian di kemudian hari.

Dan seperti yang kita ketahui, motor Yamaha RX King merupakan kendaraan roda dua dengan mesin berjenis 2 tak. Namun lantaranya keunikannya, motor ini masih populer hingga sekarang.

Selain dari suara knalpot yang terdengar begitu garang, mesin motor ini mempunyai kinerja yang cukup baik terkait dengan kecepatan. Bodinya pun menarik untuk dikendarai.

Selain daripada itu, motor RX King dengan tahun keluaran lawas, namun dengan kondisi bodi dan mesin masih bagus, harga jualnya pun relatif tinggi.

7 Tips Membeli Motor Yamaha RX King Bekas

Ketika menyimak beberapa tips yang bersumber dari beberapa referensi, terdapat begitu banyak tips yang secara dasar bisa dijadikan acuan untuk membeli motor bekas. Bahkan bukan hanya terfokus pada motor RX King saja.

Lantaran disini hanya mempunyai fokus pada RX King, serta ingin menyajikan keterangan yang lebih sederhana. Maka diharap tips yang kami buat bisa dicerna oleh semua kalangan.

Sehingga meski terbilang sederhana, namun bisa dijadikan referensi pada saat membeli motor berpenampilan garang tersebut.

Nah untuk mempersingkat waktu, yuk kita simak beberapa rincian dibawah ini. Seperti apa?

1. Mengecek Kelengkapan Surat

Surat kelengkapan kendaraan seperti STNK dan BPKB menjadi poin penting ketika anda hendak membeli motor bekas. Dengan kata lain, hal tersebut untuk mencegah penipuan yang pada akhirnya membawa anda pada motor bodong.

Dan ketika si penjual memang melampirkan surat yang ditanyakan tersebut, serta sudah lengkap, maka bisa dilanjutkan pada tahap berikutnya.

Mungkin beberapa pengecekan susulan ini terbilang sederhana. Akan tetapi sangat baik untuk mencegah munculnya masalah lain di kemudian hari.

2. Mencocokkan Nomor Rangka Dan Mesin Dengan Surat

Terlepas dari pemeriksaan surat perlengkapan kendaraan, ada baiknya jika hal tersebut juga dilanjutkan dengan pengecekan nomor rangka dan mesin yang tertera.

Sebab tidak sedikit oknum yang memang dengan sengaja memalsukan dokumen atau surat kendaraan, sehingga ada harus lebih hati-hati dalam membeli motor bekas.

Sebagai calon pembeli, sudah sepatutnya jika anda waspada dari tindak penipuan semacam itu. Yakni dengan mengecek nomor mesin dengan STNK dan BPKB, dilanjutkan pada pengecekan nomor rangka.

Sekedar informasi tambahan, nomor rangka dan mesin di motor Yamaha RX King, khususnya yang di produksi tahun 1995 dan yang lebih tua, dibuat dengan cara diketok.

Sedangkan untuk jenis motor dengan tahun keluaran lebih muda atau baru, secara umum dibuat dengan cara dicetak menggunakan gravir.

3. Memperhatikan Bagian Mesin

Poin pertama yang perlu anda cek pada saat melihat mesin ialah kondisi mesin. Baik dari sisi kebocoran, baret, atau cacat lain yang mungkin terjadi. Bisa saja mesin basah karena oli bocor.

Apabila kondisi motor memang dalam keadaan terawat, serta tidak bekerja berat ketika dipakai oleh pengguna lama. Sangat dimungkinkan jika mesin motor tersebut sampai rembes.

Dengan kata lain, motor terawat akan dijaga dari sisi perawatan, kebersihan, dan beberapa hal lain yang bisa memaksimalkan kinerja mesin.

4. Mengecek Kondisi Baut Pada Mesin

Meski bisa dikatakan kondisi fisik atau bodi dan mesin tampak begitu baik, akan tetap cukup penting pula untuk melakukan pengecekan pada baut mesin dan di kerangka lain.

Ketika baut masih asli, serta tidak ada lecet yang berarti, maka anda pun bisa senang karena motor masih dalam keadaan baik.

Secara dasar, baut ini bisa diganti oleh pengguna terdahulu, akan tetapi hal tersebut bisa dibedakan yang mana asli bawaan pabrik, dan juga yang masih baru diganti.

Pada baut yang asli, warna yang timbul akan tampak sedikit gelap. Sedangkan untuk yang imitasi, terlihat lebih terang (mentereng).

Dan terkadang, anda juga akan bertemu dengan jenis motor yang sudah di modif, sehingga di sebagian bodi sudah berbeda dari yang original.

Ketika motor yang anda jumpai dengan kondisi demikian, maka bisa dilakukan pengecekan dari sisi lain. Atau paling tidak, anda membuka penawaran dengan harga yang lebih murah.

5. Mengecek Kondisi Rem Depan (Cakram)

Menurut yang dikutip dari berbagai sumber, RX King yang tahun keluarnya sebelum tahun 1998. Terkadang membawa masalah dengan piston dan kaliper single.

Kondisi tersebut tentu juga berbeda dengan RX King yang diproduksi tahun sesudahnya. Yakni membekali kaliper piston ganda di bagian rem depan.

Maka dari itu, anda bisa mengecek pengereman terlebih dahulu. Jika memang berfungsi dengan baik, maka bisa ditawar. Namun jika dalam keadaan macet (sering tidak balik), maka semua keputusan tergantung anda.

6. Cek Kondisi Komstir

Pada motor RX King, komstir juga sangat penting untuk dilakukan pengecekan. Pasalnya juga bisa diketahui kondisi motor tersebut dalam keadaan baik atau tidak.

Umumnya, akan muncul cekungan pada komstir dikarenakan dampak dari selalu parkir serta setangnya dibelokkan. Sehingga kondisinya akan bersandar pada komstir.

Intinya, ketika cekungan yang timbul tempak kecil, maka dinilai kondisi motor lebih baik.

7. Konsultasi Dengan Orang Yang Lebih Ahli

Untuk mendapat kendaraan dengan kondisi yang baik, membeli motor tentunya tidak boleh sembarangan. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dulu dengan yang lebih ahli.

Secara tidak sadar, mekanik atau yang memang mempunyai pekerjaan di bidang motor, tentu akan lebih banyak tahu dengan kondisi motor.

Dengan kata lain, ketika anda membawa motor tersebut pada mekanik ahli, maka bisa diketahui kekurangan dan juga kelebihan dari motor yang dimaksud.

Mintalah saran, apa motor tersebut memang layak beli, atau harus cari yang lain untuk pemakaian jangka panjang.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 7 Tips Membeli Motor Yamaha RX King Bekas. Semoga bisa membantu!

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Membeli Motor Yamaha RX King Bekas"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel