8 Tips Merawat Motor 4Tak Dengan Mudah

Mengutip dari beberapa sumber, 8 Tips Merawat Motor 4Tak Dengan Mudah ini berdasar atas pengalaman pengguna.

Sehingga secara tidak langsung, bisa memberikan dampak positif bagi anda yang ingin mencoba menerapkannya juga.

8 Tips Merawat Motor 4Tak Dengan Mudah

Jika hanya ingin melakukan perawatan sederhana pada motor 4 tak, tentu tidak memerlukan skill atau kemampuan khusus, pasalnya anda hanya dituntut untuk lebih kreatif.

Dengan perawatan yang baik dan benar, pastinya mesin motor anda akan lebih awet dan juga menjaga bunyi mesin tetap halus sperti baru.

Dalam hal ini, anda bisa mengecak kondisi mesin secara langsung, atau bisa pula dengan berkonsultasi dengan bengkel terdekat.

Yang sering dipertanyakan disini adalah terkait dengan tata cara perawatan motor 4 tak yang baik dan benar. Sehingga motor pun menjadi lebih nyaman ketika dikendarai.

Untuk memberikan referensi yang lebih lengkap, mungkin akan lebih baik jika anda menyimak artikel ini hingga selesai.

8 Tips Merawat Motor 4Tak Dengan Mudah

Ketika mencari referensi dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam merawat mesin motor.

Bisa dibilang jika kesemuanya merupakan langkah yang sederhana, akan tetapi cara tersebut memberikan bukti bahwa hasil yang diperoleh bisa memaksimalkan kinerja mesin. Beberapa tips yang dimaksud ialah :

1. Melakukan Pengecekan Pada Busi

Busi masuk salah satu elemen paling penting dalam proses dari sistem pembakaran motor. Jika busi mengalami kendala, tentu akan berimbas pada kondisi mesin yang sulit menyala, dll.

Pengecekan pada busi dianjurkan khususnya ketika speedometer sudah mencapai pada angka 12 ribu km, bahkan lebih baik jika busi langsung diganti baru.

Namun ketika masih belum mencapai pada angka tersebut, dan nyala mesin dalam kondisi normal, maka tidak ada salah jika anda mengeceknya juga.

Selain dari itu, sangat penting pula untuk memastikan keadaan kabel coil pada motor. Pasalnya kabel ini menjadi penghubung antara arus listrik yang menuju ke busi.

Ketika kabel sudah berumur dan tampak adanya retakan, maka lebih akan lebih baik jika anda segera menggantinya.

2. Rutin Menghangatkan Mesin

Pada saat motor sudah didiamkan semalaman, tentu oli yang berada dalam mesin akan turun. Sehingga ketika dinyalakan secara mendadak, bisa saja memicu adanya kerusakan.

Oleh karena itu, ada perlunya jika menghangatkan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan. Salah satunya ialah dengan menyalakan mesin hingga oli dalam mesin menyebar.

Baru setelah itu, motor sudah siap untuk digunakan kembali.

3. Mengecek Rantai Dan Gear

Berbeda dengan motor matic yang menggunakan karet sebagai penarik roda, keluaran motor tahun lawas tentu menggunakan rantai dan gear.

Secara tidak sadar, komponen tersebut akan mengalami aus seiring dengan pemakaian dalam jangka waktu lama.

Terlebih lagi, rantai bisa kendur atau bisa terlalu kencang lantaran setelan tidak sesuai. Hal tersebut berdampak pada ketidaknyamanan berkendara.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur tingkat kekencangan rantai, periksa ketajaman gigi gear, dan juga secara rutin memberikan pelumas.

4. Mengecek Karburator

Mesin motor lawas berjenis 4 tak masih menggunakan karburator pada sistem pembakaran mesin. Sehingga sangat penting untuk merawat komponen tersebut.

Dalam hal ini, sangat baik bila karburator dibersihkan secara rutin. Supaya sirkulasi bahan bakar lebih stabil, dan juga membuat tarikan mesin lebih ringan.

Dampak dari pembersihan karburator akan sangat terasa, khususnya bagi motor yang baru di service. Pasalnya kotoran yang menjadi penghambat sudah dikeluarkan.

5. Bersihkan Filter Karburator

Sebagai langkah lanjutan pembersihan karburator, tentu filter atau saringan udaranya pun juga perlu diperhatikan.

Meski adapula pengguna motor yang melepas saringan tersebut, namun sebagai dampaknya akan membuat bensin lebih boros, dan juga komponen motor pun lebih berisiko cepat rusak.

Maka dari itu, gunakanlah filter motor untuk kenyamanan berkendara. Jangan lupa untuk membersihkan saringan tersebut dari debu.

6. Ganti Oli Secara Rutin

Perlu diketahui, oli juga mempunyai masa pakai yang efisien untuk mesin. Sehingga ketika sudah sampai pada batas tingkat kekentalan, atau oli sudah mulai encer, maka sudah sepatutnya segera diganti.

Penggantian oli mesin secara rutin, tidak hanya bisa membuat performa mesin menjadi lebih baik. Melainkan juga akan memberikan dampak positif pada keawetan mesin itu sendiri.

Akan tetapi, anda juga harus paham dengan tingkat kekentalan oli yang digunakan. Pasalnya setiap mesin, mempunyai kriteria khusus dalam memilih oli mesin yang sesuai.

7. Mengecek Kondisi Aki

Pada motor keluaran terbaru, kebanyakan aki yang digunakan berjenis maintenance free alias aki kering.

Namun bagaimana dengan motor yang masih menggunakan aki basah? Tentu anda harus melakukan pengecekan secara rutin.

Pasalnya bisa saja air yang ada pada aki berkurang, sehingga perlu ditambah pada level yang sudah ditentukan.

Jika tidak dikontrol secara rutin, kemungkinan aki akan tekor, atau yang terparah akan terjadi kerusakan komponen (elemen) pada aki tersebut.

8. Selalu Gunakan Onderdil Original

Pada saat salah satu komponen (spare part) motor mengalami kerusakan, tentu harus diganti dengan yang baru supaya mesin kembali bekerja optimal.

Dalam hal ini, penggunaan sparepart asli masih menjadi anjuran yang sangat penting untuk menjaga keawetan mesin. Meski sedikit mahal, namun sparepart tersebut mempunyai kualitas yang baik.

Sehingga secara tidak langsung, akan berdampak pada kinerja komponen yang lain.

Cukup mudah bukan? Sekian dari kami dan semoga 8 Tips Merawat Motor 4Tak Dengan Mudah ini bisa membantu.

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Merawat Motor 4Tak Dengan Mudah"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel