Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar

Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar ini merupakan dari pengalaman pribadi dan juga dari testimoni saudara yang juga menggunakan motor gendut tersebut.

Secara dasar, untuk bisa menerapkan tips ini sebenarnya tidaklah sulit, bahkan bisa dikatakan jika triks ini tidak harus melalui proses pemanasan untuk motor bisa digunakan.

Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar

Perlu diketahui, motor keluaran terbaru saat ini terus mengalami perkembangan. Baik dari sisi teknologi, ataupun tingkat efisien mesin motor.

Sehingga untuk motor jenis baru, seperti halnya NMAX, sudah tidak menerapkan sistem pembakaran yang menggunakan karburator.

Lebih tepatnya ialah dengan dialihkan pada jenis sistem injeksi, sebab dinilai bisa lebih irit terhadap penggunaan bahan bakar, dan juga diklaim lebih ramah lingkungan.

Akan tetapi, untuk penggunaan karburator ataupun sistem injeksi, juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sehingga bisa saja menimbulkan pertanyaan terkait dengan cara memanaskan motor pada sistem pembakaran karburator dan injeksi.

Lantaran kami lebih fokus pada motor matic Yamaha NAMX, maka disini kami akan mencoba untuk memberikan rincian tersebut.

Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar

Perlu diketahui, saat ini motor injeksi sudah dilengkapi dengan teknologi Engine Control Module (ECM) yang mempunyai fungsi sebagai pusat kontrol sepeda motor.

Ketika kondisi mesin dalam keadaan menyala, maka alat elektronik yang tertanam ini akan membaca kondisi mesin. Bahkan juga bisa mengatur pengapian pada ruang pembakaran supaya sesuai dengan kebutuhan.

Ketika dulu untuk memanaskan motor (pada motor karburator) masih memerlukan durasi lebih lama, atau diharuskan untuk memutar handle gas supaya mesin maksimal.

Namun untuk saat ini memanaskan motor matic (terkhusus Yamaha NMAX), tidak perlu lagi waktu lama, atau bahkan mempunyai kondisi terbalik dengan sistem karburator.

Tips Memanaskan Motor Matic Yamaha NMAX

  1. Pertama harus diusahakan dulu motor dalam keadaan di standar tengah (ketika tidak akan dikendarai langsung).
  2. Selanjutnya nyalakan mesin setidaknya 30 detik (awal dinyalakan umumnya nyala mesin sedikit cepat), tunggu hingga bunyi mesin stabil (tanpa menarik handle gas).
  3. Pada saat bunyi mesin sudah stabil tersebut, matikan mesin atau bisa langsung dikendarai.

Ketika memanaskan mesin motor NMAX, anda tidak perlu untuk menarik handle gas atau istilah lainnya digeber. Pasalnya sistem injeksi sudah berjalan otomatis.

Mencari referensi dari berbagai sumber pun, menyalakan mesin untuk pemanasan tidak lebih dari 1 menit. Itu juga menurut asumsi kondisi motor tidak dinyalakan dalam jangka waktu 12 jam.

Alasan dibalik cepatnya durasi pemanasan, lantaran motor NMAX sudah dilengkapi dengan teknologi ECM.

Sehingga dengan menyalakan mesin sebentar saja, sudah bisa membuat oli dalam mesin menyebar dengan sempurna. Serta bekerja baik pada putaran mesin stasioner.

Bahkan jika terlalu lama, bahan bakar yang digunakan akan lebih boros, sebagai dampaknya ialah knalpot cepat panas dan berpengaruh pada umur cat knalpot.

Mengutip dari sumber resmi Yamaha, model NMAX tidak harus melalui proses pemanasan supaya bisa dikendarai.

Sebab teknologi ECM yang tertanam mengecilkan kemungkinan muncul gejala mesin brebet. Sehingga tidak bisa disamakan dengan motor yang masih menerapkan karburator.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Cara Memanaskan Motor Yamaha NMAX Yang Benar"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel