Tips Dan Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi

Tips Dan Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi ini, sebenarnya tidak mempunyai perbedaan dengan postingan Cara Memanaskan Yamaha NMAX yang sempat kami bagikan sebelumnya.

Dengan dengan produsen yang berbeda, tentu teknologi yang ditanamkan pun mempunyai kriteria berbeda. Bahkan bisa dikatakan cara perawatan yang dilakukan tidaklah sama.

Tips Dan Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi

Berperan sebagai salah stau referensi yang mungkin diperlukan, disini kami akan mencoba untuk mengulas kembali tentang tata cara memanaskan Honda Beat injeksi.

Untuk lebih jelasnya terkait dengan langkah yang perlu diterapkan, mungkin bisa menyimak pada daftar yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Tips Dan Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi

Sebelum beranjak pada tips dan triks memanaskan honda beat, perlu diketahui jika motor tersebut menjadi yang terlaris di pasaran. Hal tersebut didukung dengan harga murah dan juga body yang terbilang stylish.

Tidak hanya itu saja, jenis perawatan yang harus dilakukan pun sangat mudah dan sederhana. Sehingga sebagai pengguna baru, tidak harus pusing untuk memikirkan perawatan.

Diketahhi, Honda Beat FI (Fuel Injection), memerlukan waktu sebentar sebagai pemanasan untuk membuat kinerja mesin lebih optimal. Tujuannya ialah supaya motor tidak menimbulkan masalah dan lebih nyaman pada saat dikendarai.

Namun perlu ditekankan kembali, Honda Beat FI juga sudah tertanam teknologi Electronic Control Unit (ECU), sehingga bisa dikendarai tanpa harus dipanaskan terlebih dahulu.

Tepatnya pada saat pengendara buru-buru, cukup menyalakan mesin, tunggu sebentar, dan motor pun bisa langsung digeber.

Tapi untuk sekedar berjaga-jaga supaya motor lebih awet, maka tidak ada salahnya melakukan tips sederhana yang sudah kami rangkum ini.

Bahkan cara ini juga diklaim bisa mencegah terjadinya kerusakan pada komponen motor. Seperti apa? Berikut rinciannya.
  1. Pertama motor harus di standar tengah.
  2. Nyalakan mesin dengan menggunakan kick starter, atau bisa langsung dengan elektrik starter.
  3. Biarkan mesin menyala setidaknya 30 detik (tunggu hingga bunyi mesin stabil).
  4. Selanjutnya motor bisa langsung digunakan.

Sekedar tips tambahan, motor matic dengan sistem pembakaran injeksi, sebenarnya tidak perlu proses pemanasan. Apalagi motor dikendarai setiap hari.

Akan tetapi jika memang mesin sudah lama tidak dinyalakan, maka bisa jadi tips tersebut menjadi alternatif untuk mencegah pengendapan oli.

Selain proses pemanasan, berikut kami juga sudah merangkum tata cara merawat motor Honda Beat Injeksi. Simak baik-baik ya!

Tips Merawat Motor Honda Beat Injeksi

Melansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa poin sederhana yang bisa anda terapkan supaya mesin motor lebih terawat dan mempunyai kinerja maksimal.

Perawatan motor injeksi sangatlah sederhana, asal anda paham tentang poin yang perlu diperhatikan. Apa saja?

1. Rutin Memanaskan / Menyalakan Mesin

Bisa dikatakan jika tips ini sangat mudah seperti halnya yang sudah kami jelaskan diatas. Pasalnya dengan dipanaskan, maka mesin motor tidak akan kaget ketika dikendarai.

Terlebih lagi, oli yang ada didalam mesin motor pun tidak akan mengendap, bahkan kembali menempel pada beberapa komponen yang sekaligus memberikan perlindungan.

Sehingga secara tidak langsung, bisa menjaga kinerja mesin lebih maksimal. Dan komponen didalamnya pun tidak mudah rusak atau aus.

2. Rutin Mengecek Kondisi Mesin

Apabila anda membaca buku panduan secara benar, maka penjelasan ini sudah bisa dipahami dengan mudah.

Paling tidak anda melakukan service rutin ketika speedo mencapai 2000 hingga 2500 kilometer. Atau paling sederhana dengan hanya mengganti oli.

Jika ingin melakukan perawatan secara maksimal, maka cek dan bawa buku servis dengan berkunjung ke dealer tempat membeli motor.

Sehingga untuk pelayanan yang diberikan pun, bisa lebih optimal dan komponen akan dicek secara keseluruhan.

3. Memeriksa Kondisi Aki

Pada jenis motor yang menggunakan sistem injeksi, yakni yang menerapkan teknologi ECM atau ECU, sangat mengandalkan kestabilan kelistrikan pada motor.

Komponen yang paling penting salah satunya ialah aki. Sebaab sistem injeksi dikendalikan oleh komputer memerlukan kondisi kelistrikan yang stagnan.

Akan tetapi, bagi pengguna Honda Beat FI, bisa menurunkan tensi kekhawatiran, sebab motor ini sudah dibekali dengan aki minim perawatan (aki kering).

4. Memilih Bahan Bakar Dengan Oktan Tinggi

Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih nyaman dengan penggunaan bahan bakar jenis premium (bensin). Padahal kandungan oktan didalamnya lebih rendah dibanding Pertalite apalagi Pertamax.

Dengan berpindah pada bahan bakar oktan tinggi, maka tarikan motor pun akan dirasa lebih ringan. Bahkan bisa membuat kinerja mesin lebih maksimal.

Akan tetapi, pada standar penggunaan di Indonesia, akan lebih baik jika menggunakan Pertamax. Pasalnya level oktan lebih tinggi dan mesin tidak cepat panas.

5. Cek ECM atau ECU Secara Rutin

Mungkin tips ini tidak bisa anda lakukan sendiri dirumah. Sehingga untuk mengetahui status, anda harus berkunjung ke bengkel resmi.

Meski kondisi motor terasa masih normal, namun paling tidak sudah dilakukan antisipasi dari kerusakan.

Dengan demikian, anda pun akan berkendara motor lebih nyaman, tidak khawatir rusak, atau kendala lain yang tidak terduga.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami tulis, semoga Tips Dan Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi ini bisa membantu.

Belum ada Komentar untuk "Tips Dan Cara Memanaskan Motor Honda Beat Injeksi"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel