4 Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Kehujanan

4 Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Kehujanan ini sebenarnya hasil rangkuman dari beberapa sumber di internet. Akan tetapi, dengan penjelasan yang lebih detail, kami rasa tips yang kami berikan lebih sederhana dan lengkap.

Seperti yang kita ketahui, tepatnya pada saat memasuki musim penghujan, bisa saja muncul beberapa masalah yang menghantui para pengguna kendaraan roda dua.

4 Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Kehujanan

Khususnya bagi pengguna motor yang wilayahnya sering tergenang banjir. Sehingga secara tidak langsung harus lebih hati-hati dan lebih waspada ketika mengendari motor masing-masing.

Apalagi ketika sedang melewati jalan atau area yang basah dan terdapat genangan air akibat hujan. Sehingga bisa saja kondisi tersebut membuat motor menjadi mogok atau mati mendadak.

Perlu diketahui, komponen mesin dan juga sistem kelistrikan pada motor umumnya banyak yang terbuka dibanding pada kendaraan roda empat (mobil).

Maka dari itu, kita harus paham untuk bagian mana saja yang sangat mudah kemasukan air, atau bisa memicu adanya kerusakan. Baru setelah diketahui permasalahan, kita bisa mengambil langkah untuk mengatasinya.

4 Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Kehujanan

Ada beberapa komponen yang terkadang mengalami masalah ketika kemasukan air. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak daftar berikut :

1. Cop Dan Kabel Busi

Lokasi dari komponen busi ini secara umum terdapat pada titik terendah mesin motor. Yakni pada bagian bawah samping blok mesin.

Secara tidak langsung, lokasi tersebut akan lebih mudah terkena cipratan air pada saat motor dikendarai untuk melewati genangan air, apalagi sampai terkena banjir.

Sebagai dampaknya, karet pada penutup busi akan mudah aus (rusak). Dipikir secara akal, benda apapun yang mempunyai suhu panas, dan terkena air maka secara kimiawi akan menimbulkan reaksi sehingga ikatan molekul terurai.

Dan pada kasus ini, apabila terjadi juga pada elemen plastik ataupun karet, maka bahan atau komponen tersebut akan cepat retak, dan bahkan lebih mudah pecah.

Pada saat pecah itulah, cipratan air bisa masuk kedalam busi. Dan ketika perangkat tersebut basah, motor pun akan menjadi mogok.

Begitu pula pada kabel busi yang sangat riskan terkena air. Maka dari itu, coba cek terlebih dahulu tutup, kabel, dan busi.

2. Karburator Kemasukan Air

Besar kemungkinan jika air banjir masuk pada komponen karburator. Dan tanpa melakukan pembongkaran, anda juga bisa mencoba untuk mengetahui kondisi tersebut.

Cara yang bisa dilakukan ialah dengan menutup kran saluran bensin dari tangki ke karburator, selanjutnya, putar baut pembuangan berlawanan arah jarum jam.

Dan ketika semua bensin yang ada dalam karburator keluar, maka buka kembali saluran bensin dari tangki, dan kembalikan baut pembuangan hinga paling maksimal.

3. Knalpot Kemasukan Air

Jika dibanding dengan karburator, bagian lain yang sangat mudah kemasukan air ialah knalpot. Sebab bisa saja ketinggian banjir mencapai hingga tinggi lubang pada knalpot.

Untuk bisa segera mengatasinya, maka anda perlu juga mengeluarkan air yang tertampung pada knalpot tersebut, yakni dengan menstandar tengah motor.

Selanjutnya, ganjal bagian roda depan hingga rodal belakang menyentuh tanah (lantah), intinya posisi belakang mencapai titik terendah.

Dengan menerapkan cara ini, maka air yang tergenang dalam knalpot akan keluar lebih mudah. Dan jangan lupa pula untuk menambahkan sedikit oli kedalam knalpot. Tujuannya ialah untuk mencegah korosi (karat).

4. Memanaskan Mesin Secara Rutin

Karena kondisi dingin, terkadang bisa juga menjadi penyebab sulitnya motor untuk dinyalakan. Cara mengatasinya pun terbilang mudah.

Tarik choke dan gunakan starter bawah, ketika mesin sudah menyala, maka lepaskan choke. Tujuannya ialah untuk menghemat pemakaian bahan bakar.

Untuk pertama kali dinyalakan (pagi hari), usahakan panaskan mesin paling tidak 5 hingga 10 menit. Hal tersebut berfungsi untuk membuat oli menyebar pada komponen dalam mesin.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait 4 Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Kehujanan. Semoga bisa membantu!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel