8 Tips Naik Motor Sport Agar Tidak Pegal

Tips Naik Motor Sport Agar Tidak Pegal mungkin sudah tidak asing bagi para biker yang memang sering melakukan touring. Khususnya ketika touring keluar kota.

Dalam hal ini, tips yang kami rangkum merupakan hasil sadur dari berbagai sumber di internet. Namun bisa dikatakan lebih lengkap.

Nah, seperti yang diketahui secara umum, kegiatan touring atau berkendara sepeda motor jarak jauh, bisa disebut sebagai aktifitas yang menyenangkan atau sebagai hobi.

8 Tips Naik Motor Sport Agar Tidak Pegal

Namun terlepas dari itu, kegiatan tersebut adakalanya memunculkan berbagai masalah. Termasuk juga tubuh menjadi pegal, kaku, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi jika touring yang dilakukan memakai motor gede (motor sport) yang cukup identik dengan posisi duduk yang bikin tubuh cepat capek.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berkendara motor sport, tapi tidak bisa menghindari pegal. Maka sudah sepatutnya mencari informasi untuk mengatasi hal tersebut.

8 Tips Naik Motor Sport Agar Tidak Pegal

Perlu ditekankan juga, sebenarnya tips yang kami bagikan ini tidak hanya bisa diterapkan pada saat menjalani touring saja, namun juga dalam kehidupan sehari-hari.

Kami harap, dengan memperhatikan tips sederhana ini, maka si pengendara motorsport bisa menghindari capek atau pegal pada tubuh.

1. Usahakan Tubuh Dalam Keadaan Fit

Untuk memulai kegiatan touring yang memerlukan waktu berkendara dalam waktu panjang. Maka sudah seharusnya jika anda memperhatikan kondisi tubuh.

Setidaknya, anda bisa melakukan pemanasan sebelum benar-benar mengendarai motor. Salah satu caranya ialah dengan lari kecil atau melakukan peregangan pada otot.

Tujuannya mungkin memang sederhana, namun bisa memberikan dampak positif bagi tubuh. Khususnya ketika mempunyai rencana untuk touring.

Jika kondisi dalam keadaan bugar, tentu beberapa hal negatif yang mungkin terjadi bisa dihindari. Khususnya rasa capek ataupun pegal.

2. Mengecek Kondisi Motor

Mungkin tips ini tampak begitu sederhana, akan tetapi proses memastikan kondisi motor merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan.

Pengecekan yang dimaksud ialah dengan meleihat kondisi ban, ranrai, oli, bahan bakar, dan lain-lainnya.

Dengan demikian, maka semua masalah yang mungkin terjadi. Bisa dihindari untuk, khususnya mencegah tubuh lebih mudah capek.

3. Menggunakan Pakaian Dalam Yang Nyaman

Ketika hendak bepergian atau berkendara motor jarak jauh, tidak hanya kondisi motor saja yang harus diperhatikan. Tapi juga mengutamakan kenyamanan dalam berkendara.

Oleh karena itu, anda harus mengenakan pakaian dalam dengan bahan katun serta sedikit lebih longgar. Hal ini akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Sedangkan untuk pakaian luar yang bisa dikenakan, bisa dipadukan dengan jeans, dan jaket. Namun usahakan untuk bagian dalam lebih lembut dan tidak memicu panas.

Secara singkat, kondisi tersebut bertujuan untuk mencegah adanya alergi, kepanasan, atau hal lain yang mempunyai dampak buruk bagi tubuh.

4. Atur Posisi Tubuh Sesuai Bentuk Motor

Jika secara umum, mengendarai motorsport harus memposisikan tubuh dalam keadaan bungkuk. Maka dari itu, agar tubuh tidak cepat pegal, maka sangat penting untuk mengikuti postur bodi motor tersebut sesuai dengan posisi duduk.

Sama halnya dengan mensejajarkan tangan beserta bahu, dan juga mengkondisikan lengan supaya menjadi lebih santai ketika berkendara.

Pada kondisi ini, posisi duduk juga bisa ditarik sedikit pada bagian belakang, yaitu dengan kondisi kaki mengapit tangki bensin.

5. Memilih Rute Yang Tidak Padat (Macet)

Sebelum berangkat tour, atau memang sedang dalam posisi istirahat, maka ada baiknya jika anda melakukan pengecekan pada kondisi jalan (jalur) yang akan dilewati.

Baik dengan mencari informasi atau menurut pantauan lalu lintas secara online. Bahkan bisa pula memanfaatkan bantuan Google maps atau sejenisnya.

Tujuannya ialah untuk mencegah anda terjebak pada kondisi macet yang secara tidak langsung berdampak pada tubuh yang mudah pegal.

Pasalnya, kondisi macet menuntut anda untuk menarik gas, mengerem, dan mensejajarkan motor dalam waktu berulang.

6. Istirahatkan Tubuh Sejenak

Ketika anda berkendara motor, tentunya dengan rute jarak jauh. Ada baiknya jika meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dan beristirahat setidaknya lima jam sekali.

Durasi lima jam tersebut jika menggunakan motor bebek biasa, berbeda lagi ketika anda berkendara motorsport, maka setidaknya 3 jam sekali.

Selain dari kebutuhan istirahat, tentu langkah tersebut juga bertujuan untuk mendinginkan mesin sehingga tidak overheat.

Terlebih lagi, istirahat yang dilakukan sesuai waktu yang ditentukan, maka membuat mesin akan kembali normal, dan juga tubuh tidak capek.

7. Memperbanyak Minum Air Mineral (Isotonik)

Memang tidak disadari bahwa berkendara dengan jalanan aspal panas menjadikan tubuh lebih gampang berkeringat.

Bahkan tidak menutup kemungkinan bagi sebagian orang justru membuat kondisi tersebut membuat kepala pusing. Sehingga asupan cairan yang diperlukan oleh tubuh harus dipenuhi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan memperbanyak konsumsi air mineral atau isotonik untuk mencegah dehidrasi.

Secara tidak sadar, mengkonsumsi air putih juga bisa mencegah tubuh menjadi pegal. Namun jika memang sedang ingin buang air kecil, maka segerakan untuk melakukannya.

Bisa di toilet SPBU, rest area, atau lokasi lain. Pasalnya jika ditahan, akan berdampak buruk bagi kesehatan.

8. Hindari Membawa Banyak Barang

Apabila ingin berkendara jarak jauh, khususnya dengan menggunakan motorsport. Maka tidak sepantasnya anda membawa barang dalam jumlah banyak.

Sebab kontrol motor akan menjadi lebih berat, yang berdampak pada pengeluaran tenaga lebih besar. Kondisi ini secara tidak langsung juga akan membuat tubuh lebih cepat capek.

Maka dari itu, bawalah barang secukupnya, namun jika memang terpaksa, gunakanlah tas punggung yang sedikit berat.

Bagaimana? Cukup sederhana bukan? Kami rasa cukup dulu sampai disini terkait 8 Tips Naik Motor Sport Agar Tidak Pegal. Semoga bisa membantu.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel