Cara Membersihkan Junk File Di Android

Cara Membersihkan Junk File Di Android bisa dikategorikan sebagai langkah yang patut dipahami oleh pengguna android.

Sebab dengan mempunyai ponsel middle hingga Low End, sangat cenderung dan begitu umum mengalami masalah ringan terkait dengan sampah yang membuat kinerja smartphone lebih berat.

Cara Membersihkan Junk File Di Android

Seperti yang diketahui, masyarakat Indonesia sudah bisa dipastikan mempunyai fasilitas komunikasi ponsel pintar. Hal tersebut tidak luput dari haragnya yang relatif murah.

Akan tetapi, dikarenakan sangat minimnya informasi, tentu tidak sedikit dari mereka yang belum paham tentang tata cara menghapus sampah yang memenuhi memori ponsel.

Beberapa jenis sampah tersebut bisa berupa thimbail foto, bekas uninstall aplikasi, aplikasi chating, atau beberapa hal lain yang dikenal dengan sebutan junk file.

Secara tidak langsung, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu lantaran akan berdampak buruk bagi kinerja ponsel. Bahkan identik dengan pengoperasian yang dinilai lambat.

Sebagai contoh ialah karema tidak bisa berfungsi, ada begitu banyak aplikasi yang berukuran besar crash, gagal untuk update atau install aplikasi baru, dan juga ponsel lebih cepat panas (overheat).

Sedangkan untuk aplikasi pihak ketika yang diklaim mampu menghapus foro atau file junk, justru semakin memperburuk kinerja ponsel menjadi semakin lemot.

Dalam hal ini, secara dasar anda bisa menghapus junk file tanpa bantuan aplikasi ataupun proses root. Bahkan penghapusan tersebut berlaku secara permanen, sehingga tidak kembali lagi pada memori hp.

Sehingga secara tidak langsung, akan memberikan dampak positif, yang menjadikan ponsel lebih cepat, dan tidak ada masalah lagi ketika ingin memasang aplikasi baru.

Cara Membersihkan Junk File Di Android

Merangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa poin yang bisa anda lakukan supaya file junk di ponsel bisa dihapus secara permanen. Bahkan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Bagaimana? Simak rincian berikut hingga selesai!

Membersihkan Cache Aplikasi Dengan Mudah

Jika anda memang sedikt ada keinginan untuk mengotak-atik, khususnya pada bagian setting (pengaturan) pada ponsel, maka sudah bisa dipastikan jika anda paham dengan cara menghapus file sampah tersebut secara otomatis di smartphone masing-masing.
  1. Untuk menerapkan langkah tersebut, poin pertama ialah dengan membuka Setting > Storage > Cached Data
  2. Selanjutnya, tab pada bagian yang sudah dipilih tersebut, sehingga muncul tampilan pop up berupa pesan yang muncul secara otomatis di layar, yakni dengan keterangan untuk menghapus cache. Cukup klik OK untuk melanjutkan.
  3. Pada tahap ini, file cache akan terhapus, serta memori internal ponsel akan dibebaskan hingga beberapa megabites.

Ketika langkah diatas tidak bisa memberikan hasil, maka perlu juga dilakukan pengecakan pada beberapa aplikasi yang sering digunakan.

Sebagai contoh ialah aplikasi perpesanan Whatsapp, yang terkadang menyimpan banyak foto junk sebagai Miscellaneous files.

Untuk bisa menghapus file tersebut, anda pun bisa mengikuti beberapa langkah yang sudah kami tulis berikut :
  1. Masuk pada Pengaturan > Penyimpanan > atau Pengaturan > Aplikasi.
  2. Cara manual ini ialah untuk menghapus cache pada beberapa aplikasi yang dipilih.
  3. Ketika aplikasi sudah dipilih, sebagai contoh adalah Whatsapp, maka silahkan kosongkan cache.

Menghapus File Thumbnail Foto

Jika anda tergolong orang yang suka mengambil, mendownload, ataupun mengupload foto atau jenis gambar yang lain, maka secara otomatis sistem operasi ponsel akan membuat gambar thumbnail (minifikasi) pada beberapa foto tersebut.

Sebagai tujuannya ialah untuk mempercepat proses loading ketika hendak membuka galeri atau aplikasi untuk membuka foto tersebut.

Jika ponsel yang digunakan memang mempunyai penyimpanan yang besar, mungkin saja efek tidak begitu kentara pada ponsel.

Akan tetapi, bagi pemilik smartphone dengan ukuran penyimpanan kecil (terbatas), maka kondisi tersebut tentu akan sangat mengganggu, sebab secara tidak langsung juga memakan space memori.

Nah dalam hal ini, persamalahan tersebut bisa segera diatasi, yakni dengan menghapus foto junk secara bertahap. Untuk langkah dan tahapannya, silahkan simak pada step dibawah ini.
  1. Buka File manager atau My Files > Divice Storage
  2. Pada pilihan titik tiga di kanan atas, klik "Setting"
  3. Pilih dan aktifkan menu "Show Hidden File", dan klik back.
  4. Cari folder DCIM, dan tap untuk membuka isi dalam folder tersebut.
  5. Tap hingga beberapa menit folder .thumbnails
  6. Pilih ikon tempat sampah, dan klik OK untuk menggapus.

Jika beberapa langkah atau cara diatas dianggap begitu sulit, bisa memanfaatkan fitur pencarian yang ada pada pengelola file.

Perlu ditegaskan juga, setiap produk atau merek ponsel, mempunyai langkah dan tata cara berbeda. Oleh karena itu, kami membuka kolom komentar untuk bertanya tentang produk yang ingin ditanyakan.

Demikianlah sedikit ulasan terkait Cara Membersihkan Junk File Di Android. Semoga bisa membantu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan Junk File Di Android"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel