Hari-hari Yang Di Sunnahkan Untuk Berpuasa

Selain hari puasa wajib, Hari-hari Yang Di Sunnahkan Untuk Berpuasa ini mungkin sangat patut untuk kita ketahui. Tujuannya ialah supaya kita tidak salah dan memperoleh pahala yang lebih dari puasa kita.

Secara dasar, postingan ini merupakan pelengkap dari artikel kami sebelumnya, yakni Hari Yang Diharamkan Untuk Puasa.

Hari-hari Yang Di Sunnahkan Untuk Berpuasa

Dengan begitu, kita selalu waspada supaya puasa kita tidak berbuah dosa. Dan memperdalam ibadah dan keimanan kita terhadap Allah SWT.

Nah, terlepas dari pengerjaan puasa wajib di bulan Ramadhan, tentu tidak pas jika tidak disertai dengan puasa sunnah untuk mengejar pahala.

Pasalnya, dengan mengerjakan ibadah yang tergolong sunnah, bisa membawa kita pada kesempatan untuk memperoleh tempat teratas di akhirat nanti.

Seperti dikutip dari kitab "Bidayatul Hidayah", terdapat penjelasan mengenai hari-hari yang disunnahkan untuk berpuasa. Keterangan tersebut sebagaimana yang sudah diajarkan oleh nabi Muhammad SAW.

Hari-hari Yang Di Sunnahkan Untuk Berpuasa

Setidaknya ada 7 hari yang masuk pada hari yang sunnah untuk menjalankan puasa. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Hari Arafah

Puasa Arafah merupakan puasa sunah yang dijalankan pada tanggal 9 bulan Zulhijjah. Puasa ini dianjurkan bagi kalangan orang yang tidak menjalankan ibadah haji.

Dari sisi keutamaan, puasa Arafah menurut sabda Rasulallah SAW yang diriwayatkan oleh Abi Qatadah.

Rasulallah SAW bersabda : "Sesungguhnya puasa pada hari Arafah itu menghapus dosa-dosa selama dua tahun. Satu tahun yang telah lewat dan satu tahun yang akan datang."

2. Hari Syuro'

Hari Asyuro' merupakan hari kesepuluh pada bulan Muharram. Di hari ini pula dianjurkan untuk kita sebagai umat muslim menjalankan puasa sunnah.

Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abi Qatadah, Rasulallah pernah ditanya mengenai puasa di tanggal 10 Muharram.

Beliau menjawab : "Puasa 10 Muharram menghapus dosa-dosa yang dilakukan tahun kemarin."

3. Awal Hari Bulan Dzulhijjah

Puasa pada hari awal bulan Dzulhijjah, memberikan keutamaan tersendiri bagi kita kalangan muslim. Seperti yang sudah diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dan Imam Abu Hurairoh r.a.

Rasulallah SAW Bersabda : "Tidak ada hari-hari yang lebih disukai oleh Allah untuk ibadah kepada-Nya dari pada sepuluh hari (awal) bulan Dzulhijjah. Puasa satu hari dari hari-hari tersebut, sama dengan pahala puasa satu tahun."

Yang maksud tanggal awal bulan Dzulhijjah bisa jadi mulai dari 1 hingga 9, sebab di tanggal 10 Dzulhijjah umat muslim merayakan Idul Adha (Idul Qurban).

4. Sepuluh Hari Awal Bulan Muharram

Terdapat satu hadits yang menyebutkan bahwa puasa yang paling utama setelah menjalankan puasa di bulan Ramadhan ialah puasa di bulan Muharram.

Serta sholat yang paling utama sesudah fardhu ialah shalat di tengah malam.

5. Bulan Rajab

Dalam sabdanya, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa terdapat sebuah sungai di surga dengan nama Rojab. Airnya lebih putih dari pada susu, dan rasanya pun lebih manis daripada madu.

Rasulallah SAW bersabda : "Di dalam surga ada sebuah sungai yang diberi nama Rojab, airnya lebih putih dari pada susu dan rasanya lebih manis dari pada madu. Barang siapa yang berpuasa satu hari dalam bulan Rojab, maka Allah akan memberinya minum dari sungai tersebut."

6. Bulan Sya'ban

Didalam sebuah hadits, Rasulallah SAW bersabda bahwa puasa di awal bulan Sya'ban bisa memberikan pahala 70 nabi.

Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barang siapa yang berpuasa tiga hari di awal bulan Sya'ban, tiga hari di pertengahan bulan Sya'ban, dan tiga hari di akhir bulan Sya'ban, maka Allah mencatat baginya pahala tujuh puluh nabi, dan orang tersebut seperti beribadah kepada Allah selama tujuh puluh tahun. Jika seandainya orang tersebut mati di tahun tersebut, maka akan dicatat mati syahid."

7. Puasa Di Bulan Haram

Di poin terakhir, puasa yang disunnahkan ialah yang dijalankan pada beberapa bulan haram. Beberapa bulan tersebut seperti Dzul Qo'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Bulan Rajab.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai Hari-hari Yang Di Sunnahkan Untuk Berpuasa. Jika ada kesalahan, kami mohon maaf.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel