Tips Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Tips Sehat Bagi Pekerja Kantoran ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan apa yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, dengan alasan kesibukan, tidak sedikit dari pekerja kantoran tersebut yang justru mengabaikan pola atau gaya hidup sehat.

Tips Sehat Bagi Pekerja Kantoran
Foto : Merdeka.com
Tidak hanya untuk abai (malas) berolahraga, namun pengkonsumsian makanan bergizi pun sering luput dari prioritas sehari-hari.

Sehingga bagi mereka yang tidak sadar, sering mengkonsumsi cemilan manis, gorengan, dan juga secangkir kopi. Bahkan menjadi rutinitas yang terbilang wajib dilakukan.

Nah, ola makan yang buruk tersebut, sekaligus kurangnya aktivitas gerak tubuh, menambah tingkat risiko pekerja terjangkit penyakit.

Terlepas dari tubuh yang lebih mudah gemuk, tentu para pekerja kantoran juga lebih sering mengalami gangguan perut dan sistem pencernaan.

Dan untuk bisa menyiasatinya, berikut kami sudah merangkum beberapa referensi yang mungkin bisa dijadikan acuan, salah satunya yang kami sadur dari kompas.com.

Tips Sehat Bagi Pekerja Kantoran

Menurut yang kami baca dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 poin penting yang bisa diperhatikan. Tujuannya ialah supaya tubuh kita lebih sehat, dan bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan.

1. Konsumsi Makanan Seimbang dan Bervariasi

Menu makan yang terlalu stagnan atau tidak berganti-ganti, bisa saja menjadikan tubuh mengalami kekurangan gizi.

Dengan demikian, anda dituntut untuk lebih memenuhi kebutuhan gizi tubuh, yakni dengan mengkonsumsi jenis makanan bergizi dan bervariasi.

Terlepas dari sumber serat yang bisa diperoleh dari ragam sayur dan buah, karbohidrat beserta protein juga penting dalam meningkatkan konsentrasi.

Tips lainnya, ialah dengan mengurangi jenis makanan yang melalui proses penggorengan dan juga yang mengandung santan.

2. Lebih Aktif Bergerak

Sebagai pekerja kantoran, tentu aktivitas gerak sangat minim karena mayoritas duduk di bangku dan terkadang tidak lepas dari layar komputer.

Nah, sebagai kombinasi pola makan yang sehat, anda pun perlu menjalani rutinitas olahraga sebagai pendukung.

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, orang yang lebih aktif dalam beraktifitas, lebih cenderung tidak mudah tergoda untuk mengkonsumsi makanan kurang sehat, dan juga lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Tips lanjutannya, usahakan anda menyempatkan waktu untuk berolahraga. Jika memang tidak punya sisa waktu di pagi hari, bisa pula dilakukan pada waktu sore atau malam hari.

3. Konsumsi Camilan Sehat

Ngemil merupakan alternatif bagi yang terbatas oleh waktu untuk mengkonsumsi makanan berat. Hal ini tentu menjadi kegiatan yang tidak bisa lepas dari para pekerja kantoran.

Supaya kesehatan tidak menjadi korban, maka anda bisa mengganti snack pengiring kerja tersebut dengan camilan yang lebih sehat.

Sebagai salah satu contoh ialah potongan buah, yogurt, atau bisa juga diganti dengan lalapan mentah.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh manusia mayoritas mempunyai kandungan air, sehingga paling tidak harus mengkonsumsi air mineral dengan takaran yang sudah dianjurkan.

Dalam hal ini, minimal tubuh harus diasupi minimal lima gelas selama jam kerja. Langkah ini merupakan tingkat luar dari minum, seperti jus, kopi, ataupun teh.

Sedangkan untuk malam harinya, tambah lagi asupan air kira-kira dua hingga tiga gelas. Sehingga kebutuhan normal 8 gelas air sehari terpenuhi.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa anda juga harus menghindari konsumsi air secara berlebihan. Pasalnya bisa menyebabkan terbuangnya kandungan mineral penting dari tubuh.

5. Rutin Sarapan

Dari beberapa penelitian menyebutkan, orang yang mengawali harinya dengan sarapan, mempunyai kualitas konsentrasi yang lebih baik.

Kondisi tersebut  jika dibandingkan dengan meraka yang hanya meminum segelas kopi di pagi hari. Sarapan sendiri bisa dengan konsumsi roti, atau jenis makanan yang mengandung karbohidrat.

Selain membuat tubuh sehat dan meningkatkan konsentrasi, sarapan ini juga bisa memenuhi kebutuhan energi untuk beraktifitas.

Bagaimana? Apa Tips Sehat Bagi Pekerja Kantoran diatas masih kurang? Penjelasan tersebut merupakan kondisi netral. Namun dari setiap individu, mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat Bagi Pekerja Kantoran"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel