10 Cara Mengurangi Mata Minus Paling Sederhana

Bisa dikatakan jika Cara Mengurangi Mata Minus Paling Sederhana ini sudah banyak beredar di dunia internet. Tidak terkecuali pada blog sederhana yang kami kelola ini.

Namun untuk menambah wawasan terkait tata cara mengatasi mata minus. Baik yang sudah berat ataupun ringan, maka kami pun tertarik untuk mengulasnya.

Sebelum beranjak pada tips yang kami sediakan, ada baiknya jika kita paham terlebih dahulu tentang beberapa faktor yang bisa memicu mata minus. Dengan demikian, kita bisa mencegah atau bahkan terhindar dari masalah gangguan penglihatan tersebut.

Faktor Penyebab Mata Minus

Dikutip dari beberapa sumber di internet, setidaknya ada 4 poin yang bisa menjadi penyebab mata minus. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Faktor Keturunan (Genetik)

Bagi kalangan orang tua yang mempunyai bola mata lebih panjang (secara umum, bola mata pada mata minus lebih panjang dibanding dengan bola mata normal).

Kondisi tersebut biasanya akan berisiko lebih besar mempunyai ketutunan yang juga bola matanya lebih panjang. Dengan kata lain, ada pula risiko mata minus.

2. Faktor Etnis

Diperoleh dari hasil penelitian, ditemukan bahwa persentase penderita mata minus paling banyak ditemukan pada orang Asia.

Bahkan persentasenya mencapai 70 hingga 90%. Sedangkan untuk yang kedua ialah Eropa atau Amerika yang mencapai persentase sebesar 30 hingga 40%, dan yang teraakhir Afrika sebesar 10 hingga 20%.

3. Faktor Penyakit

Pada beberapa kasus, penanganan penyakit yang salah pada penderita penyakit tertentu, atau karena pengkonsumsian jenis obat tang terlalu keras.

Bisa memperburuk kondisi penglihatan, pendengaran, dll. Dalam hal ini, ada pula beberapa jenis penyakit yang memang berdampak pada daya penglihatan menurun, contohnya ialah penyakit glukoma.

4. Faktor Kebiasaan Buruk

Perlu dipahami, kebiasaan yang buruk mempunyai dampak yang kurang baik bagi indra penglihatan. Meski sebagian besar orang dilahirkan dalam kondisi mata normal.

Salah satu contoh kebiasaan buruk tersebut ialah membaca sambil tiduran, menonton tv, ponsel, atau memandang objek terang dalam waktu lama.

Bahkan yang paling sederhana, ialah tidak pedulinya orang tentang asupan nutrisi yang baik bagi mata. Sehingga imbasnya pun menjadi semakin buruk.

10 Cara Mengurangi Mata Minus Paling Sederhana

Sepintas mengenai mata minus, dikenal pula dengan sebutan miopia yang merupakan suatu kondisi ketika mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas.

10 Cara Mengurangi Mata Minus Paling Sederhana
foto : allaboutvision.com
Mata minus (miopa) sendiri terjadi ketika bayangan jatuh di depan retina. Kondisi tersebut terjadi lantaran lapisan luar mata terlalu melengkuk karena bola mata atau lensanya terlalu tebal.

Oleh karena itu, orang dengan masalah miopia mempunyai penglihatan jarak jauh yang kurang baik. Sebab objek yang jauh akan tampak buram lantaran fokus mata tidak jatuh tepat pada retina.

Kondisi tersebut juga menjadi pembeda mata orang normal dan yang mengalami mata minus. Tidak sedikit penyebab, beberapa diantaranya juga sudah kami sebutkan diatas.

Secara dasar, mata minus memang sangat menganggu, khususnya ketika menjalani rutinitas sehari-hari. Sehingga tidak diherankan, beberapa cara pun dilakukan supaya bisa mengurangi dampak dari mata minus tersebut.

Selain mempunyai langkah yang mudah, tentu cara alami yang digunakan pun lebih aman. Supaya tidak lama lagi, berikut tips yang kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Konsumsi Jus Buah Bit

Buah bit sering dikaitkan dengan bahan alami yang cukup ampuh dalam mengurangi mata minus. Khususnya bagi mereka yang mencari alternatif dari bahan alami.

Cara yang bisa digunakan ialah dengan meminumnya secara rutin, paling tidak selama satu minggu. Bahkan jika perlu, bisa pula dicampurkan dengan jus belimbing, atau wortel yang dipercaya mempunyai khasiat lebih manjur.

2. Konsumsi Jus Lidah Buaya

Untuk bisa mengurangi mata minus secara alami, ternyata jus lidah buaya bisa menjadi alternatifnya. Disni anda bisa mengkonsumsi jus selama satu minggu penuh.

Dengan rutin mengkonsumsi jus lidah buaya, dipercaya bisa mengurangi mata minus. Hal tersebut tidak lain dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya.

Terlepas dari itu, anda pun bisa menambah bahan campuran lain, seperti buah kenari, jeruk lemon, dan madu.

3. Melakukan Senam Mata

Pada cara ketiga ini, tidak ada salahnya jika anda melakukan senam mata untuk mengatasi mata minus. Sebab aktivitas ini sedikit banyak bisa mengurangi efek mata minus.

Dalam hal ini, senam mata bisa dilakukan dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, selanjutnya diputar, berkedip dan dilakukan secara rutin tiap hari.

Selain menyehatkan, tentu latihan ini juga mempunyai fungsi utnuk membersihkan, bahkan melumasi bola mata.

4. Konsumsi Wortel

Sejak dulu wortel memang dijadikan alternatif bahan alami yang ampuh untuk mengatasi masalah mata. Tidak terkecuali mata minus.

Seperti yang kita ketaahui, wortel mempunyai kandungan beta-karoten yang memang diperlukan oleh tubuh. Khususnya untuk memproduksi vitamin A.

Sedangkan untuk vitamin A, memang sangat baik untuk kesehatan mata. Sehingga ketika rutin mengkonsumsi vitamin A, maka bisa juga mengurangi mata minus.

Menurut fakta medis, dinyatakan bahwa dengan minum dua gelas jus wortel dalam satu hari, tepatnya selama satu bulan. Maka bisa meningkatkan penglihatan bagi penderita mata minus yang signifikan.

5. Terapi Daun Sirih

Mengurangi mata minus dengan daun sirih juga menjadi alternatif sederhana yang bisa anda coba. Dalam hal ini, anda bisa menyiapkan dua lembar daun sirih segar, serta sudah dicuci sampai bersih.

Selanjutnya, tempelkan daun sirih tersebut pada mata sebelum tidur. Dan bisa dilepaskan ketika bangun tidur di pagi hari.

6. Latihan Fokus Dengan Telunjuk

latihan fokus menggunakan jari telunjuk merupakan salah satu cara untuk mengurangi mata minus. Dalam hal ini, anda bisa melakukan latihan pada posisi duduk yang nyaman, serta tempatkan telunjuk berjarak 10cm dari hidung.

Fokuskan pandangan ke arah telunjuk dan mengalihkan pandangan (fokus) pada objek jauh yang ada dibelakang telunjuk. Selanjutnya, kembalikan lagi fokus pada telunjuk.

Lakukan langkah ini dengan melirik, akan tetapi tanpa menggeserkan kepala. Dan ulangi lagi hingga 10 kali setiap hari.

7. Menjemur Mata Di Pagi Hari

Langkah menjemur mata di pagi hari bisa menjadi alternatif paling sederhana yang bisa anda terapkan.

Caranya pun sederhana, yakni dengan menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari hingga bola mata terasa hangat.

Perlu diperhatikan, akan sangat baik jika langkah ini dilakukan di pagi hari. Tujuannya ialah supaya asupan vitamin D yang diperoleh tercukupi.

8. Lepas Kacamata Ketika Tidak Diperlukan

Pada saat menggunakan kacamata, maka mata akan terbiasa untuk fokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata. Kondisi ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku lantaran bola mata jarang bergerak untuk melihat ke arah lainnya.

Oleh karena itu, dengan mengurangi penggunaan kacamata, khususnya ketika tidak diperlukan. Maka akan sangat membantu dalam mengatasi mata minus.

Terlepas dari itu, tidak memakai kacamata juga akan mengurangi ketergantungan. Sehingga ketika terdesak, anda pun bisa beraktivitas meski tanpa kacamata,

9. Menerapkan Teknik Eye Palming

Dengan menerapkan teknik sederhana ini, maka anda bisa membantu mata untuk beristirahat dan lebih rileks. Selain itu, Eye Palming juga sangat baik digunakan pasca melakukan senam mata, tujuannya agar mata kembali normal dan segar.

Tata cara mengurangi mata minus secara alami dengan teknik aye palming ialah, menggosok-gosokkan kedua tangan sampai terasa agak panas.

Selanjutnya tutup kedua mata dan tutupi dengan tangan (jangan sampai menekaan bola mata). Usahakan pula tidak ada cahaya dari luar yang masuk.

Langkukan langkah tersebut hingga mata terasa lebih rileks, dan anda pun bisa melakukan teknik eye palming kapan saja ketika mata terasa penat.

10. Terapi Lilin

Cara alami yang satu ini memang sangat familiar dan umum digunakan oleh penderita mata minus. Dari sebagian orang yang sudah mencoba, banyak yang memberikan pendapat jika cara ini paling ampuh untuk menyembuhkan mata minus dengan cepat.

Akan tetapi, penerapannya pun harus dilakukan dengan tepat. Sehingga tidak ada efek atau dampak buruk yang berbahaya di kemudian hari.

Jika memang penasaran, berikut tata cara melakukan terapi mengurangi mata minus menggunakan lilin :
  • Nyalakan lilin dan diamkan hingga api menyala dengan stabil.
  • Tatap lilin selama beberapa menit, dan usahakan untuk tidak berkedip.
  • Agar hasil maksimal, lakukan kegiatan tersebut secara terus-menerus hingga keluar air mata.
  • Pada saat air mata sudah keluar, hentikan.
  • Selanjutnya, anda bisa mengulangi langkah tersebut keesokan harinya.
  • Perlu diingat juga, jangan berlebihan dalam melakukan terapi ini, sebab dinilai tidak baik untuk kesehatan mata.

Cara Menyembuhkan Mata Minus Tinggi Dan Parah

Sebagai tahap lanjutan, disini kami juga berupaya untuk memberikan jawaban terkait tata cara menyembuhkan mata minus. Apa memang bisa disembuhkan atau diobati?

Pada dasarnya, langkah-langkah diatas bukan untuk menyembuhkan, melainkan untuk mengurangi. Namun sebagai tahapan sederhana, anda juga bisa menerapkan langkah-langkah berikut.

  1. Mengurangi pemakaian kacamata ketika tidak diperlukan. Tujuannya ialah untuk mencegah ketergantungan.
  2. Mencoba untuk lakukan latihan mata dengan melihat objek jauh tanpa menggunakan kacamata.
  3. Optimalkan untuk melatih mata dalam melihat objek bergerak, seperti halnya orang lewat, kendaraan lalu lalang, atau sejenisnya.
  4. Istirahatkan mata paling tidak selama 25 menit jika anda mempunyai aktivitas tinggi didepan layar komputer. Caranya ialah dengan mengalihkan pandangan pada objek yang cukup jauh.
  5. Bersihkan mata secara rutin menggunakan obat tets mata, tujuannya supaya debu tidak masuk.
  6. Konsumsi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh mata. Dalam hal ini, bahan pangan yang menyehatkan mata ialah wortel, sayuran segar, dan lain-lainnya.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami tulis tentang 10 Cara Mengurangi Mata Minus Paling Sederhana. Semoga bisa membantu bagi yang membutuhkan.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Mengurangi Mata Minus Paling Sederhana"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel