12 Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Membahas tentang Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami, tentu tidak lepas dari beberapa sumber yang menjadi referensi penulisan artikel ini.

Sehingga bagi anda yang sedang mencari cara mencegah dan mengatasi rambut rontok, mungkin sudah tepat jika membaca artikel ini.

Seperti yang kita ketahui, ada begitu banyak ragam masalah yang menjadi penyebab rambut rontok. Baik itu karena kekurangan vitamin, stres, hingga dipengaruhi oleh faktor usia.

12 Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami
Ilustrasi (foto: tribunnews.com)
Nah, bagi anda yang sudah mengalami tanda-tanda kerontokan, seperti halnya rambut terlepas ketika keramas. Maka tidak ada salahnya mencoba untuk melakukan pencegahan dan pengobatannya.

Akan tetapi, jika masih ragu untuk menggunakan berbagai kimia dari beberapa produk penumbuh rambut, maka bisa memanfaatkan alternatif dari bahan alami.

Minat untuk mencoba? berikut beberapa bahan yang mungkin bisa diterapkan untuk mengatasi rmbut rontok.

12 Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Menurut yang kami rangkum, setidaknya ada 11 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatas permasalahan rambut rontok. Apa saja?

1. Minyak Peppermint

Dilansir dari US National Library of Medicine, minyak peppermint sangat efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahkan juga bisa dijadikan obat untuk kerontokan rambut.

Minyak essensial dari peppermint ini, mampu meningkatkan ketebalan kulit kepaala serta jumlah folikel pada rambut.

Terlepas dari itu, minyak ini juga mempunyai manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dari dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan minyak peppermint mengandung mentol yang menjadikan pembuluh darah membesar.

Sehingga secara tidak langsung, mampu mendorong pertumbuhan rambut. Penerapannya pun sederhana, yakni dengan mengusapkan langsung pada kulit kepala.

2. Minyak Kelapa

Jika anda mempunyai kondisi kulit kepala berminyak, maka bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa beberapa jam sebelum keramas.

Secara turun-temurun, minyak kelapa dipercaya mampu mengurangi rambut rontok. Tidak hanya itu saja, penggunaan secara rutin dari minyak ini mampu membuat rambut lebih berkilau.

Untuk penerapan, bisa dengan mengoleskan sebelum atau sesudah keramas. Semua tergantung dengan jenis kulit kepala masing-masing.

3. Minyak Esens Bergamot

Dikutip dari Wiley Online Library, minyak essens bergamot mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan.

Pemanfaatan minyak ini, sangat baik dalam membantu meningkatkan pertumbuhan rambut serta membuat kulit kepala tetap sehat.

Terlepas dari itu, pertumbuhan rambut pun akan lebih maksimal. Dan bisa diterapkan dengan hanya mengoleskan pada kulit kepala.

4. Minyak Jojoba

Bagi anda yang ingin mempercepaat pertumbuhan rambut, maka sangat cocok menggunakan minyak yang satu ini.

Diketahui, minyak jojoba berasal dari biji tanaman Zizyphus jujube. Menurut yang dilansir dari Food and Chemical Toxicologi, minyak jojoba yang digunakan pada rambut yang dicukur, maka akan mempercepat pertumbuhannya.

Perbandingan yang dilakukan tersebut tentu dengan rambut yang tidak memakai minyak jojoba. Sangat baik bagi anda yang ingin terhindar dari kebotakan.

5. Minyak Zaitun

Kegunaan dari minyak zaitun sendiri, tidak hanya efektif untuk mengatasi rambut rontok. Melainkan juga sangat baik untuk mengatasi rambut kering, bercabang, dan mengembalikan warna almi rambut.

Manfaat ini bisa anda peroleh dengan cara mengaplikasikan minyak zaitun pada rambut. Tentu dengan pemijatan lembut pada area kulit kepala.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, maka lakukan penerapan dimalam hari, sehingga keesokan harinya bisa sambil keramas.

6. Lidah Buaya

Jika dibahas secara singkat, lidah buaya mempunyai peranan yang efektif untuk mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan.

Secara turun-temurun, lidah buaya sendiri memang sangat umum digunakan untuk mengurangi rambut rontok, bahkan sangat baik untuk mengatasi kebotakan dini.

Untuk pemakaiannya pun sangat sederhana, yakni dengan mengupas lidah buaya (diambil dagingnya saja), kemudian gosok apda area rambut dan kulit kepala.

7. Minyak Urang-Aring

Bahan ini sangat tidak asing lantaran juga sering digunakan pada beberapa produk shampo. Sedangkan untuk kegunaannya, sangat baik dalam mencegah rambut rontok, kering dan bercabang.

Cara menggunakannya ialah dengan mengambil sedikit daun urang-aring, dan rendam menggunakan air.

Selanjutnya keramas dengan air tersebut, atau bisa pula dengan menghaluskan untuk memperoleh minyaknya.

8. Minyak Kemiri

Rempah yang juga masuk pada kategori bumbu dapur ini, tidak hanya berperan sebagai penyedap masakan saja. Melainkan juga efektif sebagai bahan penyubur rambut, menghitamkan, dan mengatasi kebotakan.

Cara menggunakan ialah dengan mendapatkan minyaknya, yakni membakar kemiri hingga berubah warna sedikit kehitaman.

Setelah itu, haluskan kemiri hingga mengeluarkan minyak, dan minyak inilah yang bisa diaplikasikan pada bagian kulit kepala dan rambut.

9. Jeruk Nipis

Secara dasar, jeruk nipis mempunyai sifat untuk membersihkan. Sehingga rambut dan kulit kepala bisa terbebas dari ketombe.

Bahkan tidak hanya itu saja, jika digunakan dengan benar, maka bisa mengatasi rambut rontok

Untuk menggunakan, cukup potong dan oleskan jeruk nipis pada area kulit kepala selama kurang leih satu jam. Baru selanjutnya dibilas hingga bersih.

10. Bawang Putih

Tidak hanya yang tahu jika bawang putih mempunyai kegunaan untuk menumbuhkan rambut rontok secara alami.

Langkah yang harus dilakukan sangat mudah, cukup siapkan bawang putih kemudian dihaluskan. Oleskan pada kulit kepala selama kurang lebih 15 menit, baru bisa dibilas.

Tips sederhananya, jangan terlalu lama mendiamkan bawang tersebut di kulit kepala dan rambut. Sebab jika terlalu lama, akan membuat kulit kepala menjadi bau.

11. Teh Hijau

Penggunaan teh hijau, ternyata sangat cocok untuk membuhkan rambut pada kepala botak, serta tidak ada efek samping yang perlu dikhawatrikan.

Sebelum digunakan, pertama ialah dengan menyeduh teh hijau dengan air hangat serta gunakan untuk membasahi kulit kepala dan rambut.

Diamkan setidaknya selama satu jam, baru kemudian bisa anda bilas. Akan sangat baik jika anda langsung keramas.

12. Masker Alpukat

Seperti yang kita ketahui, alpukat merupakan bahan alami yang juga bisa mengatasi rambut rontok. Sebab kandungan protein pada buah ini sangat efektif dalam menguatkan dan memberikan nutrisi rambut yang tepat.

Tidak hanya itu, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut, sehingga secara tidak langsung akan terhindari dari kebotakan.

Cara penerapannya pun sederhana, yakni dengan menghaluskan alpukat (dagingnya saja), dan oleskan pada area rambut dan kulit kepala.

Selanjutnya, diamkan setidaknya 20 menit dan bilas dengan shampo hingga bersih. Supaya hasil lebih maksimal, maka bisa dilakukan rutin dua kali dalam seminggu.

Itulah 12 Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami. Cukup dipilih salah satu yang dianggap paling mudah.

Belum ada Komentar untuk "12 Cara Mengurangi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel