14 Cara Mengurangi Wajah Berminyak Dan Kusam

14 Cara Mengurangi Wajah Berminyak Dan Kusam, secara dasar bisa dilakukan dengan mudah asal kita paham dengan apa yang harus diterapkan.

Dalam hal ini, kulit wajah yang berminyak, bisa disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Akan tetapi, kalian jangan menganggap sebum merupakan musuh kulit. Pasalnya komponen tersebut berguna untuk pemebab kulit secara alami.

14 Cara Mengurangi Wajah Berminyak Dan Kusam
Ilustrasi wajah berminyak (foto: Epoya)
Yang sering menjadi masalah, pada saat produksi sebum yang berlebihan, sehingga menyebabkan kulit berminyak dengan ujung-ujungnya wajah tampak kusam, pori-pori tersumbat, muncul komedo, bahkan juga memicu tumbuhnya jerawat,

Sehingga sebagai kunci untuk merawat kulit berminyak, ialah dengan tata cara mengontrol produksi sebum tersebut, namun sembari dilakukan perawatan kulit supaya tetap lembab.

14 Cara Mengurangi Wajah Berminyak Dan Kusam

Merangkum dari beberapa sumber di internet, setidaknya ada beberapa poin yang cukup penting diperhatikan. Untuk mempersingkat waktu, mari kita simak daftar berikut :

1. Lebih Rajin Mencuci Muka

Sebagai orang yang mempunyai kondisi kulit wajah berminyak, tentu harus dicuci paling tidak sebanyak dua kali sehari, penerapan bisa di pagi dan malam hari.

Meski pencucian wajah tersebut dilakukan secara rutin, akan tetapi perlu dihindari penggunaan sabun cuci muka yang terlalu kuat.

Pasalnya kondisi tersebut bisa menjadikan kulit lebih kering, serta menyebabkan iritasi. Sebagai ganti dari sabun tersebut, anda bisa menggunakan sabun cuci muka dengan busa dan lebih lembut.

2. Memperbanyak Minum Air Putih

Tidak hanya baik untuk wajah, minum air putih juga sangat membantu dalam menjaga kelembapan kulit. Bahkan sangat penting untuk kebutuhan proses metabolisme tubuh.

Seperti yang kita ketahui, tubuh manusia sangat bergantung dengan asupan air yang cukup dalam kehidupan sehari-hari.

Termasuk juga mempunyai manfaat untuk mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah, sehingga kadar minyak tersebut tetap stabil dan tidak over.

3. Menggunakan Toner

Dikutip dari beberapa sumber, toner astringent yang dikhususkan untuk kulit berminyak secara umum mempunyai kandungan alkohol.

Fungsi dari zat tersebut ialah untuk menjadikan wajah menjadi lebih kering. Akan tetapi, dalam hal ini anda perlu mencoba toner dengan astringent alami, seperti halnya witch hazel.

Pasalnya, toner dengan astringent alami, mampu membuat kulit lebih tenang, serta meregulasi produksi sebum.

4. Menghindari Makanan Berminyak

Tidak bisa dipungkiri jika menu makanan juga mempunyai peranan penting pada beberapa kondisi yang terjadi pada tubuh manusia, termasuk juga kulit wajah.

Tanpa disadari, kebiasaan dalam mengkonsumsi jenis makanan berminyak, memicu kondisi wajah yang tampak mengkilap lantaran mengandung minyak berlebih.

Dan ketika anda ingin wajah terawat dengan baik, maka ada baiknya jika anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak.

5. Mengeringkan Wajah Dengan Benar

Setelah selesai mencuci muka, maka anda harus tepat dalam mengeringkan wajah. Salah satu caranya ialah dengan menepuk-nepuk kulit dengan menggunakan handuk lembut.

Kalau bisa, jangan gunakan handuk di wajah dengan gerakan menarik atau menggunakan kain yang kasar. Sebab bisa saja mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum.

Ketika hal tersebut sudah terjadi, maka bisa saja memicu kulit untuk lebih berminyak. Bahkan kondisinya bisa semakin parah.

6. Menerapkan Masker Lumpur

Jika dilakukan dengan benar, maka penggunaan masker lumpur yang terbuat dari bentonite clay mampu menyerap minyak dari wajah.

Bahkan masker ini sangat mampu untuk mengurangi produksi sebum tanpa menimbulkan iritasi pada kulit.

Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menerapkan masker lumpur setidaknya satu minggu sekali, serta menggunakan pelembab ringan setelah menggunakan masker.

Terlepas dari itu, anda juga bisa mengatasi wajah berminayk dengan masker berbahan alami. Seperti halnya lidah buaya, oatmeal, madu, putih telur, atau bahkan perasan jeruk lemon.

7. Menerapkan Blotting Paper

Supaya bisa mengatasi wajah berminyak ketika menjalani aktivitas di siang hari, maka anda juga bisa memanfaatkan blotting paper.

Bahan ini mempunyai peranan untuk menyerap minyak berlebih pada kulit. Bahkan untuk saat ini, sudah ada begitu banyak merek blotting paper yang bisa di beli dengan mudah.

8. Rutin Pakai Sunscreen

Ketika anda mempunyai aktivitas yang banyak diluar ruangan, khususnya di siang hari. Maka jangan lupa untuk menggunakan sunscreen.

Pasalnya, paparan sinar matahari (UV) mampu menarik air yang ada pada kulit serta meningkatkan produksi minyak sebagai bentuk pertahanan diri.

Untuk iklim tropis seperti Indonesia, gunakanlah sunscreen dengan SPF 30, minimal setelah menggunakan pelembab dan sebelum anda keluar rumah di siang hari.

9. Rutin Eksfoliasi

Proses eksfoliasi sangat baik untuk mencegah tersumbatnya lubang pori apda wajah. Dalam hal ini, ada begitu banyak cara yang bisa diterapkan.

Bisa juga menggunakan scrub untuk eksfoliasi fisik, atau bisa dengan menerapkan BHA/AHA untuk eksfoliasi kimia.

Lakukan proses ini paling tidak satu kali dalam seminggu. Tujuannya ialah supaya kulit terhindari dari ancaman iritasi.

10. Mempehatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Selain menghindari makanan yang berminyak, anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang bisa mendorong produksi minyak berlebih pada wajah. Baik itu makanan pedas ataupun minuman yang mengandung alkohol.

Sedangkan beberapa jenis makanan yang bisa memperlambat produksi minyak. bisa dengan konsumsi beberapa jenis sayur. Contohnya ialah wortel, bayam, blewah, atau makanan yang kaya akan vitamin E dan A.

11. Memakai Pelembab

Orang yang mempunyai kondisi kulit berminyak, bisa saja menghindari pelembab lantaran bisa menjadikan kulit mereka tampak lebih berminyak.

Anggapan tersebut ternyata salah, sebab dengan menggunakan pelembab yang tepat, justru mempunyai manfaat untuk kulit berminyak itu sendiri.

Bagi kalian yang bermasalah dengan minyak wajah berlebih, maka gunakanlah pelembab tanpa kandungan minyak.

Atau bisa juga dengan menggunakan gel lidah buaya, namun pastikan jika gel tersebut tidak mengandung alkohol, yang justru bisa memicu kulit terlalu kering.

12. Menerapkan Skincare Bebas Minyak

Melakukan perawatan wajah berminyak, bisa dengan menggunakan produk skincare yang mempunyai label bebas minyak, atau dikenal juga dengan istilah noncomedogenic.

Pasalnya, produk dengan label tersebut, tidak akan menyumbat pori pada wajah, atau beberapa hal yang bisa memicu tumbuhnya jerawat.

13. Mencoba Terapi Es Batu

Masuk pada cara yang paling sederhana, ternyata terapi es batu mempunyai manfaat yang cukup baik. Bahkan sangat murah dan bisa diterapkan kapan saja.

Peranan dari es batu ini ialah untuk menyegarkan wajah, mengatasi minyak, dan sekaligus mengecilkan pori untuk mencegah masuknya kotoran.

Penerapannya pun mudah, cukup oleskan es batu pada seluruh permukaan wajah, khususnya pada area yang ditentukan. Cukup selama 30 detik saja, wajah sudah segar tanpa minyak.

14. Menggunakan Foundation Ringan

Untuk menutupi wajah berminyak, atau berjerawat, umumnya kalangan wanita lebih senang menggunakan foundation tebal dengan finish matte.

Akan tetapi, foundation seperti itu bisa terasa cukup berat, khususnya pada suhu yang lumayan panas. Kondisi foundation yang terlalu tebal, bisa menyumbat pori-pori.

Bahkan bisa memicu produksi minyak lebih parah. Oleh karena itu, cobalah untuk mengganti foundation dengan yang lebih ringan, atau tinted moisturizer yang mempunyai kandungan silikon.

Demikianlah sedikit ulasan tentang 14 Cara Mengurangi Wajah Berminyak Dan Kusam. Semoga bisa membantu. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "14 Cara Mengurangi Wajah Berminyak Dan Kusam"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel