15 Cara Mengurangi Berat Badan Efektif Lebih Cepat

Untuk bisa menerapkan Cara Mengurangi Berat Badan Efektif Lebih Cepat, tentu ada beberapa hal yang juga sangat penting diperhatikan.

Dalam hal ini, mempunyai berat badan berlebih mungkin menjadi suatu permasalahan bagi sebagian orang. Bahkan tidak sedikit orang yang berupaya untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

Akan tetapi, dibalik usaha keras tersebut, banyak pula yang mengeluh bahwa langkah yang mereka lakukan tidak membuahkan hasil.

15 Cara Mengurangi Berat Badan Efektif Lebih Cepat
Ilustrasi tubuh langsing(foto:Shutterstock/Pressmaster)
Bagaimana cara untuk bisa mengurangi berat badan supaya tercegah dari obesitas? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada begitu banyak referensi yang diperoleh. Baik dengan menerapkan olahrgara, atau juga memilih menu makanan yang lebih tepat.

Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan saja. Maka disini kami akan merangkumnya untuk anda. Dengan tujuan supaya anda tidak bingung lagi mencari referensi yang lain.

15 Cara Mengurangi Berat Badan Efektif Lebih Cepat

Pada kondisi tubuh yang terbilang gemuk, mungkin sangat sulit untuk menurunkan berat badan. Bahkan hasil dari beberapa upaya pun tidak memberikan hasil secara kontan.

Oleh karena itu, anda juga harus lebih sabar dalam menerapkan beberapa treatmen sederhana. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan berat badan pun turun secara perlahan.

1. Lebih Aktif Bergerak

Tidak hanya berilahraga saja, aktif bergerak dalam kehidupan sehari-hari pun sangat membantu dalam mengurangi berat badan.

Dalam hal ini, anda bisa melakukan jalan-jalan sore, atau melakukan aktivitas sehari-hari yang menuntut banyak gerak seperti halnya olahraga.

Tujuannya ialah supaya keluar keringat dan menjadikan pembakaran kalori lebih banyak. Jika dilakukan secara rutin, maka hangan heran jika berat badan anda turun drastis.

2. Perbanyak Makan Sayuran

Bisa dikatakan jika cara menurunkan berat badan yang satu ini sangat aman. bahkan bisa menjadikan tuuh lebih sehat dan fit.

Dalam hal ini, anda bisa mencoba untuk mengganti lauk dengan jenis sayur-sayuran. Apabila masih baru, maka setidaknya 50% dari makanan yang kita konsumsi berasal dari sayuran.

Ketika sudah dilakukan secara rutin, maka mengurangi berat badan pun tidak memerlukan obat atau olahraga. Namun memberikan hasil yang signifikan bagi tubuh.

3. Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Pada setiap aktivitas yang kita kerjakan, otak memerlukan lebih banyak waktu untuk memproses dan mengenali apa yang kita kerjakan. Begitu pula pada saat kita makan.

Dalam kondisi ini, otak harus memproses kita sudah cukup kenyang untuk berhenti makan. Oleh karena itu, dengan mengunyah perlahan, serta merasakan sara makanan tersebut. Maka secara sadar kita tengah makan.

Selain untuk mengatur pikiran bahwa kita sudah kenyang, mengunyah secara perlahan juga membuat makanan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sehingga untuk tidak ada istilah sembelit yang bisa meminimalisir penumpukan racun. Dan yang terpenting, berat badan bisa berkurang secara perlahan.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih masuk pada kebutuhan primer yang diperlukan oleh tubuh. Selain untuk memperlancar sistem pencernaan, tentu air juga elemen yang menjadi penggerak metabolisme tubuh.

Dengan mengkonsumsi air putih sebelum makan, maka bisa membuat kita sedikit membakar kalori. kekurangan air, akan memicu tubuh dehidrasi.

Terkait dengan dehidrasi, ternyata bisa memicu rasa lapar, pasalnya otak menangkap sinyal bahwa tubuh memerlukan asupan makanan.

Secara normal, dalam sehari tubuh memerlukan asupan air sebanyak 8 gelas. Jadi jaga asupan air tersebut untuk melancarkan metabolisme tubuh serta untuk menurunkan berat badan.

5. Memakai Piring Kecil

Secara tidak sadar, piring menjadi ukuran (takaran) makanan yang kita konsumsi. Hal tersebut sering dipertanyakan, habis berapa piring? satu piring dan nambah sedikit.

Nah, dengan mengoleksi piring kecil, maka secara tidak langsung akan memberikan sugesti bahwa anda sudah mengkonsumsi dalam porsi yang pas.

Dengan kata lain, piring kecil akan mencegah pengkonsumsian makanan berlebihan. Pasalnya makanan tampak lebih banyak, dan anda pun bisa berpikir sudah kenyang.

6. Mengurangi Konsumsi Garam

Dengan menjaga jumlah konsumsi garam, ternyata anda sudah menjaga berat badan tetap stabil. Bahkan bisa menurunkan berat badan tanpa olahraga dan obat.

seperti yang kita ketahui, garam merupakan salah satu bahan pengawet. Dan jenis makanan yang ada didalam kemasan, sangat seing mengandung kadar natrium yang tinggi.

Maka dari itu, ketika anda sedang memilih makan, coba pilih jenis makanan yang mengandung natrium rendah, setidaknya paling tinggi 140 mg per sajian.

Meski tampak begitu sederhana, namun cara menurunkan berat badan ini cukup efektif jika anda rutin serta benar-benar melakukannya.

7. Konsumsi Banyak Protein

Kandungan protein pada makanan mempunyai peranan penting untuk meningkatkan perasaan kenyang. Sehingga bisa membantu untuk mengkonsumsi sedikit kalori.

Terlepas dari itu, hormon ghrelin merupakan jenis hormon yang memberikan stimulasi rasa kenyang serta GLP-1 juga bisa dirangsang oleh protein.

Berdasar dari penelitian yang dilansir dari Authority Nutrition, pastisipan terbantu untuk mengkonsumsi 441 lebih sedikit kalori perhari.

bahkan bisa menurunkan berat badan sekitar 4 kg hanya dalam 12 minggu, tanpa memberikan batas apapun, yakni dengan hanya meningkatkan asupan protein sebanyak 15 hingga 30%.

Sumber protein sendiri, bisa diperoleh dari telur sebagai sarapan, yang sekaligus juga dipercaya membantu pemasukan asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang.

Sedangkan untuk sumber lainnya, protein bisa diperoleh dari dada ayam, ikan, greek yogurt, dan kacang almond.

8. Hindari Makanan Yang Mengandung Gula

Bagi kalangan orang yang suka mengkonsumsi minuman manis, mungkin cara ini terbilang cukup sulit. Akan tetapi, jika anda berhasil melakukannya, maka proses penurunan berat badan akan berjalan mudah.

Mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung gula seperti jus, kopi karamel, soda, teh manis, atau minuman yang mengandung alkohol, tidak bisa membuat perut merasa kenyang.

Bahkan perut akan terasa kenyang ketika anda lebih memilih konsumsi jenis sayuran dan makanan yang mengandung protein.

Dengan mengkonsumsi banyak gula, maka berat badan akan naik. Pasalnya memicu lebih banyak penumpukan kalori dalam tubuh.

9. Simpan Makanan Di Tempat Yang Tersembunyi

Secara harfiah, manusia identik dengan suka makan. Sehingga ketika melihat makanan di meja atau lokasi yang mudah terlihat, mereka langsung mencoba untuk mencicipinya.

Maka dari itu, ketika anda sedang menjalani program diet, akan lebih baik jika menyimpan makanan ditempat yang tertutup, bahkan kalau bisa pada tempat yang sulit dijangkau.

Sebagai tujuannya, ialah supaya anda tidak mudah tergiur dengan makanan tersebut. Yang secara tidak langsung mengontrol asupan makanan.

10. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Untuk bisa mengurangi berat badan, ternyata makanan pedas cukup membantu mengatasi masalah kelebihan berat badan.

Menurut yang dilansir dari Good Housekeeping, makan pedas seperti jalapeno dan cabai rawit, mengandung senyawa bernama Capsaicin.

Senyawa ini mempunyai peranan penting untuk meningkatkan pelepasan hormon stres dan adrenalin, sehingga bisa mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh.

Selain dari cabe rawit, anda juga bisa menambahkan jahe dan kunyit dalam menu makanan. Lantaran bahan mudah didapat, tentu cara ini bisa dipraktekkan setiap hari.

11. Memperbanyak Makanan Mengandung Serat

Serat pada makanan cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Sebab makanan yang kaya serat, bisa membantu anda untuk merasa kenyang dalam jangka waktu lebih lama.

Salah satu dari jenis serat ialah serat kental yang bisa berbentuk gel saat terjadi kontak dengan air. Gel ini yang akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi serta memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong.

Terlebih lagi, serat kental ini juga bisa ditemukan pada sereal gandum, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji rami.

12. Mengurangi Porsi Makan

Sama halnya dengan penggunaan piring kecil, mengurangi porsi makan juga sangat efektif untuk mencegah naiknya berat badan.

Mungkin cara ini awalnya akan terasa begitu sulit. Akan tetapi, saat hasil sudah bisa dirasakan, maka anda pun akan terbiasa dengan porsi tersebut.

Jika anda memang terbiasa dengan porsi makan banyak, ada sedikit dorongan untuk makan porsi lebih besar ketika lapar. Dengan kata lain, porsi besar makanan tersebut mempunyai risiko kelebihan berat badan (obesitas).

13. Menghindari Makan Sambil Beraktivitas

Sudah sepatutnya pada saat makan kita lebih fokus dengan makanan yang kita konsumsi. Serta akan lebih baik jika tidak memikirkan hal lain, seperti halnya pekerjaan atau tugas.

Sebisa mungkin, hindari makan sambil menonton tv, atau bekerja di depan komputer. Pasalnya orang yang terdistraksi ketika makan, bisa mengkonsumsi sekitar 25% kalori lebih banyak dibanding yang tidak terdistraksi.

14. Minum Air Jeruk Nipis

Meminum air jetuk nipis dengan segelas air hangat, dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami dan praktis.

Sebagai alasanya, jeruk nipis ini kaya akan nutrisi seperti vitamin C, kalsium, fosfor, vitamn B1, lemak, karbohidrat, lemak, air, dan juga zat besi.

Ketika hendak menjalankan program diet dengan jeruk nipis, tentu akan lebih baik jika dilakukan secara terjadwal dan konsisten. Setiap harinya anda bisa mengkonsumsi tiga gelas air jeruk nipis, yakni pagi siang, dan malam hari menjelang tidur.

Dari sisi fungsi, jeruk nipis mampu mendetoks semua kotoran dan racun dalam tubuh setelaah bangun tidur, yakni dengan lebih rutin membuang air besar (BAB) setiap pagi.

Akan tetapi, sebelum meminum ramuan ini, anda harus memastikan terlebih dahulu jika tidak mempunyai masalah dengan lambung, seperti halnya asam lambung atau penyakit maag.

15. Menjaga Pola Tidur Dan Hindari Stres

Pada kondisi tubuh yang kurang tidur, maka hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar), dan juga hormon ghrelin menjadi terganggu.

Sedangkan untuk stres, bisa memicu meningkatnya produksi hormon kortisol, yang bisa mengganggu kinerja beberapa hormon yang lain.

Ketika beberapa hormon tersebut terganggu, maka rasa lapar dan ngidam makanan menjadi semakin meningkat. Secara tidak langsung, mengundang anda untuk makan lebih banyak.

Demikianlah sedikit ulasan tentang 15 Cara Mengurangi Berat Badan Efektif Lebih Cepat. Semoga bisa membantu.

Belum ada Komentar untuk "15 Cara Mengurangi Berat Badan Efektif Lebih Cepat"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel