Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet Tanpa Mayonaise

Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet Tanpa Mayonaise, sebenarnya hanya berfokus pada penggunaan bahan saja. Sehingga bisa menyehatkan dan juga aman nyaman untuk diet.

Di Indonesia sendiri, salad buah sangat sering disajikan dengan beberapa balutan penghias untuk bisa tampak menarik dan menggiurkan.

Sedangkan untuk secara umum, biasanya dressing salad tersebut berupa mayones dan susu kental manis. Sehingga dengan tampilan sedemikian rupa, menjadikan jenis panganan ini sangat populer.

Dengan penggunaan mayonaise dan susu kental manis, tentu ada dampak negatif yang bisa terjadi. Termasuk juga menghilangkan unsur sehat pada buah, sebab tertutup lemak dan gula dari paduan dressing yang diterapkan tersebut.

Terlepas dari itu, terkadang sebagian orang menerapkan dressing berupa keju. Yang tentunya mempunyai kandungan tidak baik yang perlu dihindari.

Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet Tanpa Mayonaise
foto : instagram.com/the_sunkissed_kitchen
Nah, bagi sobat yang ingin melakukan revolusi dari pola makan, maka bisa mencoba beberapa resep cara membuat salad buah yang sehat.

Tentunya tanpa harus menggunakan mayonaise ataupun susu kental manis. Pertanyaannya? bagaimana cara membuat dan seperti apa salad tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet Tanpa Mayonaise

Melansir dari beberapa sumber, setidaknya ada resep unik yang bisa sobat terapkan dalam membuat salad buah. Ini pilihan resep yang kami rangkum.

1. Chia Seeds Dan Keju Feta

Untuk membuat salad, tentu bahan utama ialah berupa buah yang menjadi favorit masing-masing. Akan tetapi, yang sering menjadi permasalahan ialah dressing atau topping.

Topping sehat yang bisa dimasukkan pada salad buah ialah chia seeds, sebab biji-bijian ini sangat sehat dan merupakan bahan pangan andalan bagi para vegetarian (vegan).

Pada resep ini, sobat bisa juga dengan menambahkan keju feta, pasalnya diklaim lebih sehat dibanding keju biasa lantaran proses pembuatan serta berasal dari bahan alami.

2. Kacang-Kacangan

Mempunyai peran sebagai pengganti mayonaise, tentu sobat juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis atau lemon yang identik dengan dunia diet.

Terlepas dari itu, sobat bisa memasukkan jenis kacang-kacangan, seperti halnya almond atau pistachio guna menambah tingkat renyah dari salad.

3. Biji Selasih

Secara umum, biji selasih sangat sering digunakan dalam beberapa kuliner minuman. Hal tersebut karena bentuk dan rasanya terbilang unik.

Cukup berbeda dengan chia seeds, tentu biji selasih harus direndam terlebih dahulu dalam air. Pasalnya langkah ini yang membuat tekstur selasih bisa lebih lunak dan kenyal.

Dengan kata lain, penggunaan selasih pada salad buah, maka akan terasa lebih juicy dan sedikit berair.

4. Oat Smoothie

Jika sobat ingin dressing yang terbilang lebih creamy, maka bisa dengan mencoba membuat smoothie dari oat, buah naga, ataupun susu almond.

Dari segi rasa tentu tidak perlu ditanyakan lagi, bahkan bisa disebut perpaduan salad buah dengan oat smoothie akan membuat salad lebih segar.

Oat smoothie juga bisa menggantikan tekstur creamy pada mayones, namun identik lebih sehat. Bahkan sensasi makan salad pun akan lebih tanpa beban.

5. Granola dan Yogurt

Ada begitu banyak sumber karbohidrat sehat yang bisa menjadi dressing salad buah menarik untuk dikonsumsi. Dalam hal ini sobat bisa menambah granola.

Untuk kesan yang lebih unik dan memperoleh tekstur lembut, selanjutnya bisa disiram dengan saus yogurt tawar. Harus disesuaikan dengan kebutuhan ya.

Salad buah yang dipadukan dengan granola dan yogurt, sering disebut dengan sarapan sehat kekinian. Sebab sudah sangat populer dan menjadi menu harian untuk diet.

6. Bubuk Cabai Dan Perasan Jeruk Nipis

Ingin mencoba sesuatu yang beda ketika hendak mengkonsumsi salad? Maka sobat bisa mencampurkaan paduan bubuk cabai dan air perasan jeruk nipis.

Meski sedikit tampak mirip makan rujak, namun bedanya terletak pada penggunaan gula merah. Sebab manfaat salad akan maksimal jika tanpa gula.

Rasanya yang diperoleh  tentu juga sangat menyegarkan, yakni perpaduan asam, pedas, serta menjadikan selera makan kembali naik.

Karena bahan yang digunakan tanpa gula atau susu, tentu tidak dibatasi sebanyak apapun sobat mengkonsumsinya.

7. Saus Kacang Mede dan Keju Ricota

Untuk dressing salad sehat yang terakhir, sobat bisa uji coba dengan membuat saus sendiri dengan bahan dasar kacang mede, bawang putih, dan dipadukan dengan perasan jeruk lemon.

Sedangkan untuk bahan saladnya, sobat bisa berkreasi dengan menambahkan potongan keju ricota serta biji delima yang rasanya lebih segar.

Mungkin hanya itu saja beberapa rekomendasi untuk tata cara membuat salad sehat tanpa mayones, semoga apa yang kami tulis ini bisa menjadi referensi yang memang dibutuhkan.

Pada dasarnya membuat salad sendiri tidaklah sulit, hanya memerlukan sedikit kreatifitas dan menghindari gula atau beberapa bahan yang kurang menyehatkan.

Sekian dan jangan lupa dishare ya! Supaya resep ini bisa berguna juga untuk yang lain.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Salad Buah Untuk Diet Tanpa Mayonaise"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel