Cara Merawat Dan Menanam Anggrek Tanah

Cara Merawat Dan Menanam Anggrek Tanah ini tentu akan sangat berguna bagi sobat yang hobi dengan tanaman hias. Sehingga tidak perlu lagi mencari referensi dari sumber lain.

Seperti yang diketahui, Anggrek terestrial atau yang lebih dikenal dengan sebutan Anggrek Tanah, terbagi dengan beberapa jenis.

Cara Merawat Dan Menanam Anggrek Tanah

Salah satu yang paling banyak dibudidayakan ialah jenis anggrek Vanda. Dan masih terbagi lagi sekitar 50 jenis. Seperti halnya Vanda Tricolor, Vanda Dearei, Vanda Bensonii, atau Vanda Miss Joaquim.

Pertanyaannya? Bagaimana cara menamam anggrek tanah agar cepat berbunga? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami juga sudah merangkum beberapa keterangan sebagai referensi yang anda perlukan.

Sebelum pada langkah penanaman, ada beberapa hal yang juga penting untuk diperhatikan. Seperti halnya pemilihan bibit anggrek, menyiapkan tempat, serta hingga pada proses penanaman.

Cara Merawat Dan Menanam Anggrek Tanah

Sebagai referensi tambahan, anda pun juga harus paham Langkah Pemilihan Dan Persiapan Media Tanam Anggrek Tanah.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, setidaknya ada 3 poin yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Dan untuk lebih jelasnya, simak pada rincian berikut ini.

1. Pemilihan Jenis / Bibit Anggrek

Pada poin pertama, yang terbilang sangat penting diperhatikan adalah pemilihan jenis anggrek. Dalam hal ini, anda bisa memilih anggrek yang memang bisa ditanam di dalam tanah.

Lebih tepatnya, jenis anggrek yang bisa ditanam pada media tanah ialah jenis terestrial. Sehingga pemilihan pun harus jatuh pada jenis tersebut.

Perlu diperhatikan, sebab tidak sedikit orang yang justru memlih anggrek jenis Epifit, yang secara umum tidak bisa ditanam secara langsung di dalam tanah.

Sekedar tambahan referensi, beberapa jenis anggrek yang bisa ditanam pada media tanah ialah vanda, spatholottis, dan juga arachnis.

2. Menyiapkan Tanah Dan Tempat

Setelah pemilihan bibit selesai, maka langkah selanjutnya ialah dengan menyiapkan media tanam serta tempat yang akan dipakai untuk menanam bunga tersebut.

Pemilihan tanah pun tidak bisa dilakukan sembarangan, sehingga sangat dianjurkan untuk memilih jenis tanah yang tidak terlalu keras.

Dalam hal ini, tanah yang digunakan bisa dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti halnya kompos ataupun pupuk.

Sedangkan untuk tempat penanaman sendiri, diusahakan memilih lahan yang terbuka atau paling tidak menggunakan media pot.

Jika memang anda memilih pot, maka pilihlah jenis pot yang juga terbuat dari tanah liat, serta paling tidak mempunyai lubang untuk memaksimalkan sirkulasi udara.

3. Cara Penanaman

Sebagai langkah lanjutan, tepatnya ketika bibit dan media tanam sudah siap, maka langkah selanjutnya ialah proses penanaman.

Pada tahap ini, bisa dilakukan selayaknya menanam jenis tanaman lainnya. Jika menggunakan pot, maka isi pot dengan tanah setengah terlebih dahulu.

Baru setelah itu memasukkan bibit anggrek yang kemudian ditutupi dengan tanah dibagian atas bibit. Sedangkan untuk tahap berikutnya, tentu anda harus paham tentang perawatan.

Cara Menanam Dan Merawat Anggrek Tanah

Bisa dikatakan jika menanam dan merawat anggrek itu gampang-gampang susah. Sebab memerlukan ketelatenan yang serius dan tentunya harus lebih sabar untuk melihat hasilnya.

Ketika belajar dari orang yang sudah berpengalaman, justru penanaman dan perawatan anggrek tidak harus susah. Apalagi jika sudah paham ilmunya.

Menurut yang kami lansir dari beberapa sumber, untuk merawat anggrek terkadang harus memperhatikan lokasi dimana tanaman tersebut tidak boleh terkena cahaya matahari secara langsung di sepanjang hari.

Sehingga untuk lebih amannya, terkadang tanaman anggrek harus ditempatkan pada lokasi yang teduh. Hal tersebut dengan alasan supaya tidak ditumbuhi jamur, karena media tanam anggrek cenderung lembab.

Langkah lainnya bisa dilakukan dengan pemberian antijamur ataupun fungi. Dan yang terpenting, tanaman anggrek juga harus secara rutin diberi pupuk.

Dengan tujuannya, supaya anggrek lebih cepat tumbuh dan tentunya juga cepat berbunga. Sebab jika ditanam tanpa bantuan pupuk bisa saja setangah tahun baru bisa berbunga.

Apa Anggrek Tanah Harus Ditanam Di Tempat Adem?

Pada kenyataannya, tidak semua jenis anggrek memerlukan media tanam yang adem. Justru malah sebaliknya, yakni anggrek harus terpapar sinar matahari sepanjang hari.

Dengan demikian, tanaman anggrek tidak mudah terkena jamur, tidak mudah membusuk, dan juga bisa lebih tahan sekitar dua minggu dalam kondisi tanpa media.

Kenapa diberi nama anggrek tanah? Hal tersebut dikarenakan anggrek jenis ini bisa ditanam dipermukaan tanah. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan anggrek lain yang harus ditanam dengan media sabut.

Dikarenakan anggrek tanah mempunyai tingkat perawatan yang mudah, tidak heran jika tanaman hias ini banyak dibudidayakan dan dijadikan bunga potong untuk berbagai keperluan.

Seperti halnya dekorasi rumah, pesta pernikahan, hiasan halaman, serta beberapa hal lain yang memang terkait dengan hobi.

Cara Merawat Dan Menanam Anggrek Tanah

Cara penanaman yang kami jabarkan ini bisa diterapkan pada semua jenis anggrek tanah. Dikarenakan anggrek ini tumbuh meninggi dan akarnya tumbuh pada batang.

Maka batang yang berakar tersebut juga bisa dijadikan bibit. Dan ketika anda masih belum punya bibit tersebut, maka tidak ada salahnya jika membelinya terlebih dahulu.

1. Atur Peletakan Bibit

Langkah awal ialah dengan meletakkan bibit secara vertikal diatas permukaan tanah atau media yang akan digunakan.

Bisa juga dengan alternatif permukaan bukan tanah, seperti halnya sabut kelapa atau media tanam yang bisa mendukung pertumbuhan anggrek.

Untuk posisi menanam pun harus berdiri, sehingga alat penyangga diikat dengan bibit. Penyangga bisa menggunakan babu atau kawat. Sebab untuk jenis Vanda Douglas, akan mati jika posisi tidak tegak.

2. Sesuaikan Media Tanam

Jika anggrek tersebut akan ditanam pada media pot atau media tanam lain. Maka harus diperhatikan ukuran dari pot atau sabut kelapa yang akan digunakan.

Anggrek tumbuh meninggi dan menjalar, sehingga akan lebih baik jika anda menggunakan ukuran pot yang lebih besar. Serta jumlah bibit pun harus disesuaikan.

3. Tempatkan Anggrek Tanah Yang Terpapar Sinar Matahari

Yang menyebut jika paparan sinar matahari bisa mencegah pertumbuhan anggrek, itu nyata tidak benar. Sebab anggrek akan tumbuh dengan baik jika terkena matahari sepanjang hari.

Untuk mendukung hal tersebut, setidaknya anda menyiramnya sehari dua kali, dan ketika masuk musim penghujan, maka disesuaikan dengan kondisi tanah.

Pada kondisi bibit anggrek yang baru ditanam, mungkin akan mengalami stres, yakni batang dan daunnya memerah (pada jenis anggrek vanda douglas).

Sedangkan untuk jenis anggrek Renantera, kondisi stres bisa ditandai dengan menguningnya daun. Dalam hal ini, anda cukup tetap menyiramnya seperti biasa agar tidak mati.

Jika secara umum, stres tersebut akan berlangsung selama kurang lebih 5 bulan. Namun bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama.

4. Tahap Pemupukan Yang Benar

Sebelum memberi pupuk, disini anda harus memastikan terlebih dahulu jika bibit anggrek yang sudah ditanam tersebut sudah mulai tumbuh akar baru.

Baru selanjutnya bisa diberi pupuk kandang ayam, umumnya pupuk jenis ini bisa dibeli apda toko pertanian atau tanaman hias.

Sedangkan durasi untuk pemupukan sendiri, bisa dilakukan tiga hingga enam bulan sekali. Sehingga pertumbuhan bisa lebih maksimal.

Perlu dipahami, jangan sampai anda lakukan pemupukan (penambahan bubuk kandang ayam), pada bibit yang masih baru ditanam. Pasalnya tindakan ini justru akan membuat bibit mati.

Dan setelah anggrek di pupuk, cukup lakukan penyiraman seperti biasa. Sebab jika tidak disiram, maka anggrek akan mati lantaran proses pemupukan membuat anggrek panas.

Nah, dengan perawatan yang baik, serta tahap demi tahap dilakukan dengan benar. Maka anggrek akan rajin berbunga. Secara umum, anggrek berbunga setiap dua minggu.

Pertanyaan Lain Tentang Cara Menanam Bunga Anggrek Tanah :

Rincian ini dibuat berdasar dengan sumber yang kami rangkum dan juga pengalaman secara pribadi. Sehingga bisa menjadi informasi tambahan bagi yang masih belajar.

Bagaimana Jika Anggrek Tanah Ditanam Di Pot?
Dalam hal ini, batang anggrek akan meninggi dan keluar akar, sehingga perlu dilakukan regenereasi supaya batang yang sudah tinggi, serta akan semakin banyak.

Regenerasi ini dilakukan dengan cara potong batang bagian atas, dan bisa dipotong pada media tanam baru. Bisa pula diterapkan pada pot yang berbeda.

Bagaimana Jika Anggrek Tanah Mau Dijadikan Bunga Potong?
Dalam hal ini, anda hanya perlu sedikit tambahan referensi. Pasalnya untuk dijadikan bunga potong, maka anggrek bisa ditempatkan pada vas yang berisi air.

Akan tetapi, penting pula diperhatikan bahwa, air pada vas jangan terlalu banyak. Paling tidak hanya setingg 2 cm.

Apakah Tanaman Anggrek Yang stres Masih Bisa Berbunga?
Jawabannya sangat sederhana, sebab meski stres, anggrek masih tetap berbunga lantaran bibit hasil dari stek dan juga masih membawa bakal bunga dari induknya.

Namun setelah berbunga satu hingga dua kali, terkadang anggrek stres tersebut akan berhenti berbunga. Tentu akan bertahan selama masa stres tersebut. Namun setelah berakhir, maka kondisi bunga akan kembali normal.

Adakah Tips Supaya Anggrek Lebih Sering Berbunga?
Tanaman anggrek melewati beberapa fase sehingga masa berbunga mungkin sudah teratur. Akan tetapi, jika anggrek sudah berbunga, dan semua tangkainya sudah layu.

Maka segeralah petik tangkai bunga yang sudah layu tersebut mulai dari ujung tangkai. Tujuannya ialah supaya terpancing untuk tumbuh tunas bunga baru.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Merawat Dan Menanam Anggrek Tanah. Semoga bisa membantu.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel