Cara Merawat Rambut Kering, Kusam, Rontok, Dan Mengembang

Berbicara mengenai Cara Merawat Rambut Kering Kusam, Rontok, Dan Mengembang, tentu sudah tidak asing bagi untuk sebagian orang yang sangat memperhatikan penampilan.

Oleh karena itu, sebagai salah satu penyampai informasi, disini kami juga merasa tertantang untuk membahas tentang tips mencegah dan merawat rambut kering.

Cara Merawat Rambut Kering Kusam, Rontok, Dan Mengembang

Seperti yang kita ketahui, rambut merupakan mahkota berharga bagi kalangan wanita. Hal ini sangat terkait dengan sempurnanya penampilan, yang secara tidak langsung, akan berimbas pada kondisi percaya diri yang maksimal.

Untuk melakukan perawatannya pun, banyak dari ladies yang rela mengucurkan uang banyak, hanya demi memperoleh rambut cantik, mudah di atur, dan tentunya juga sehat secara alami.

Mengutip dari beberapa sumber di internet, ada begitu banyak cara merawat rambut kering yang terbilang mudah dan praktis.

Akan tetapi, sebelum sampai pada penjelasan tersebut, maka ada pula beberapa poin yang perlu diketahui. Seperti halnya penyebab, terlalu sering mencuci rambut, atau bahkan merupakan imbas dari penggunaan alat perawatan.

Dalam hal ini, banyak keluhan masalah rambut yang disebabkan oleh kesalahan sendiri. Sehingga menjadikan rambut mereka menjadi mengembang, ngekrus, dan sebagai dampaknya, akan mengurangi rasa percaya diri.

Cara Merawat Rambut Kering Kusam, Rontok, Dan Mengembang

Pertanyaannya, bagaimana tata cara supaya rambut tidak kering, kusam atau rusak lebih parah? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya jika anda menyimak beberapa daftar yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Supaya anda bisa memilah dengan masing-masing jenis perawatan. Maka kami pun membaginya dengan perbaikan pola hidup sehat, dan juga merawat rambut rusak dengan bahan alami.

Cara Merawat Rambut Rusak Dengan Mudah Dan Praktis

Menyimak beberapa aktifitas yang bisa diperhatikan, mungkin kesemuanya terbilang sederhana. Akan tetapi, jika diterapkan dengan benar, maka bisa mencegah atau bisa mengatasi kerusakan pada rambut.

1. Memperhatikan Penggunaan Shampoo dan Waktu Keramas

Jika sobat mempunyai pemikiran bahwa keramas setiap hari memberikan imbas baik bagi rambut, tentu hal tersebut sangatlah salah.

Sebab bisa dikatakan jika cara yang anda terapkan salah. Dengan keramas setiap hari menggunakan shampoo, aka secara tidak langsung akan membuat rambut kehilangan minyak alaminya.

Dengan demikian, maka rambut akan menjadi kusam dan kering. Bahkan lebih sulit untuk diatur. Dalam hal ini, anda bisa keramas maksimal 2 hari sekali. Atau jika ingin lebih baik ialah seminggu 2 kali.

Sedangkan untuk pemilihan shampoo sendiri, ialah harus sesuai dengan jenis rambut masing-masing. Akan lebih baik jika memilih shampoo untuk perawatan rambut rusak dan kering.

2. Memaksimalkan Penggunaan Kondisioner

Mempunyai manfaat hampir serupa dengan moisturizer, tentu kondisioner disini akan sangat membantu merawat rambut dengan fungsinya yang bisa melembabkan.

Dengan kata lain, ketika anda keramas dengan shampoo, maka minyak alami rambut akan hilang. Sehingga dengan penggunaan kondisioner, maka minyak rambut yang hilang akan tergantikan.

Dalam hal ini, kondisioner juga bisa merapikan kutikula rambut serta mencegah dari kerusakan seperti halnya kering, rapuh, bercabang, atau bahkan yang terparah ialah kerontokan.

3. Memanfaatkan Masker Rambut

Tidak hanya untuk perawatan, masker rambut juga mempunyai fungsi untuk melindungi rambut dari berbagai masalah yang mungkin timbul.

Untuk saat ini, ada begitu banyak jenis produk kecantikan yang menawarkan masker rambut. Apalagi dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, masker tersebut juga terbuat dari bahan alami yang sangat aman untuk kesehatan.

Pilih bahan alami dari masker rambut ini yang komposisinya berupa madu, minyak zaitun, minyak kelapa, lidah buaya, atau sejenisnya.

4. Jangan Keramas Rambut Menggunakan Air Hangat

Mandi air hangat mungkin memberikan manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh. Namun sangat berbeda ketika air hangat tersebut digunakan pada rambut rusak.

Jika rambut anda masuk pada kategori jenis rambut rusak, maka akan lebih baik untuk menghindari mencuci rambut dengan air hangat..

Pasalnya, penggunaan air hangat justru akan memperparah kondisi kulit kepala dan rambut menjadi semakin kering.

5. Memaksimalkan Vitamin Rambut

Bisa dikatakan jika penggunaan vitamin rambut merupakan salah satu solusi sederhana untuk merawat rambut kering lebih mudah diatur.

Sehingga dengan menerapkan vitamin rambut, tentu nutrisi yang diperlukan oleh rambut bisa terpenuhi.

Saat ini vitamin rambut bisa diperoleh dengan mudah di minimarket ataupun toko khusus yang menyediakan produk tersebut. Uniknya, harganya pun relatif murah.

6. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Selain melakukan perawatan secara langsung pada area rambut, anda juga perlu memperhatikan kondisi dari tubuh.

Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi air putih supaya tubuh tidak dehidrasi. Secara tidak langsung, ketika kebutuhan air tubuh terpenuhi, maka akan membuat rambut tumbuh dengan akar yang lebih kuat.

Bahkan kondisi ini juga mencegah kerusakan pada rambut. Seperti halnya bercabang, rontoh, atau bahkan kering.

7. Lebih Hati-hati Dalam Menyisir Rambut

Pada kondisi rambut yang rusak, tentu pemilihan sisir juga sangat penting untuk anda perhatikan. Dalam hal ini, lebih dianjurkan untuk menggunakan sisir dengan gerigi jarang.

Tujuannya ialah supaya proses menyisir lebih mudah, dan juga anda harus hati-hati dan perlahan menyisir rambut kering.

Supaya pada proses merapikan rambut tersebut, kerontokan bisa diminimalisir.

8. Hindari Pewarnaan Rambut

Bahan kimia yang terkandung pada pewarna rambut, memberikan efek kurang baik jika kondisi rambut sedang tidak sehat.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari penggunaan bahan pewarna yang berbahaya tersebut. Atau jika memang terpaksa, maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

9. Menggunakan Penutup Atau Pelindung Kepala

Pada saat mempunyai aktivitas yang menuntut anda untuk banyak terpapar sinar marahari, maka sebaiknya menggunakan untuk untuk memberikan perlindungan pada rambut.

Sedangkan untuk menghindari paparan klorin dan air garam, tepatnya pada saat berenang, maka bisa diakali dengan penggunaan penutup kepala.

10. Perhatikan Penggunaan Alat Rambut

Yang kami maksud alat rambut disini ialah yang bisa memicu kerusakan, salah satunya yang bersifat panas seperti catok dan hair dryer.

Penggunaan alat rambut seperti catok dan hair dryer, akan menambah tingkat kekeringan dari rambut. Dengan kata lain, rambut akan menjadi semakin rapuh.

Namun jika terpaksa, paling tidak anda harus mengurangi penggunaan alat tersebut. Dengan durasi dan intensitas yang lebih sedikit.

11. Memotong Ujung Rambut

Secara tidak sadar, rambut kering dibagian ujung bisa dipastikan dalam kondisi bercabang. Sehingga untuk solusi yang paling sederhana, ialah dengan memotong bagian ujung rambut tersebut.

Dengan memotong ujung rambut secara rutin, maka rambut akan tampak lebih sehat, dan secara tidak langsung, juga berimbas pada penampilan.

Untuk menerapkan langkah ini, anda bisa lebih rutin dalam dua atau tiga bulan sekali.

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Bahan Alami

Nah, terlepas dari 11 poin yang sudah kami sebutkan diatas, adapula alternatif perawatan rambut kering dengan bahan alami.

Untuk lebih mempersingkat waktu, maka anda bisa langsung menyimak pada daftar lanjutan berikut ini.

12. Merawat Rambut Kering Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sudah lazim digunakan untuk perawatan kecantikan. Bahkan jika diterapkan secara rutin, bisa mengatasi rambut kering dan mengembang.

Dalam hal ini, minyak zaitun mempunyai peranan untuk melembutkan, mempertahankan kelembapan, dan juga memperkuat rambut dari mulai akar, batang, hingga bagian ujungnya.

Cara penerapannya pun terbilang cukup mudah, yakni dengan mengoleskan minyak tersebut pada seluruh bagian rambut, tunggu beberapa menit (30 menit), dan setelah itu bisa dibilas.

13. Merawat Rambut Kering Dengan Masker Alpukat

Alpukat sangat kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Seperti halnya Vitamin A, E, dan juga lemak jenuh yang bisa memperbaiki kondisi rambut yang rusak. Selain itu, fungsi masker alpukat juga bisa menguatkan rambut.

Untuk menerapkannya, cukup dengan melumat daging alpukat yang sudah matang hingga berbentuk pasta. Bisa pula dipadukan dengan minyak zaitun agar tekstur tidak terlalu kental.

Baru selanjutnya, oleskan ramuan alpukat tersebut pada seluruh permukaan rambut. Diamkan paling tidak selama 20 menit, baru dibilas.

14. Mengatasi Rambut Kering Dengan Putih Telur Dan Lidah Buaya

Putih telur dan lidah buaya pada dasanya bisa digunakan sendiri-sendiri. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, maka bisa langsung dipadukan.

Cara menerapkan pun sangat sederhana, yakni dengan mencampurkan putih telur dan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan.

Selanjutnya dibubuhkan pada seluruh area rambut, dan didiamkan selama beberapa menit atau paling tidak hingga merasap.

Proses akhir, ialah dengan membilas rambut dengan shampoo hingga bersih.

15. Merawat Rambut Kering Dengan Masker Pisang

Secara umum buah pisang sangat sering digunakan untuk perawatan kulit. Akan tetapi, kandungan mineral, vitamin A, C, dan juga E pada pisang, mempunyai peranan sebagai pelembab alami yang bisa menjaga dan membuat rambut lebih lembut.

Untuk penerapan, cukup haluskan buah pisang yang sudah matang, dan dioleskan pada rambut rusak secara merata.

Selanjutnya bisa dibilas jika makser tersebut terasa kaku dan mengering.

16. Merawat Rambut Kering Dengan Santan

Santan dari buah kelapa mempunyai kandungan minyak alami yang membuat rambut lebih halus, lembut, mudah diatur, kuat, dan tentunya tidak rusak.

Penggunaan santan lebih mudah dibanding dengan beberapa bahan yang sudah kami sebutkan diatas. Pasalnya, untuk saat ini santan pun bisa diperoleh secara instan.

Terapkan santan pada rambut hingga meresap, paling tidak 15 hingga 20 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih.

17. Memperbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti halnya kangkung, selada air, bayam, dan sawi, mempunyai nutrisi yang akan akan methyl sulphony methane (MSM) yang bisa meningkatkan produksi keratin rambut.

Sehingga perawatan rambut yang anda lakukan tidak hanya dari luar saja, melainkan dari dalam yang mempunyai dampak lebih baik untuk jangka panjang.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami simpulkan tentang Cara Merawat Rambut Kering Kusam, Rontok, Dan Mengembang. Semoga bisa membantu.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel